Tuesday, October 11, 2016

Nikmatnya Jajanan Bakso Bakar di Pantai Padang


Pantai Padang yang dikenal dengan Taplau (Tapi Lauik) ini tidak hanya dikenal sebagai objek wisata alam yang menyuguhkan panorama yang mempesona, tetapi dapat juga sambil wisata kuliner dengan beragamnya makanan dan jajanan menarik yang bisa dicicipi. Misalnya saja mencoba jajanan bakos bakar yang dijual di tepi pantai.

Sebelumnya beberapa kuliner dan jajanan khas Minangkabu telah dibahas seperti Kerupuk Leak (Kerupuk Mie Kuah Sate), Lapek Bugih dan Sala Lauak. Sekarang saya mau berbagai cerita mengenai jajanan bakos bakar.

Bakso bakar ini berbahan dasar campuran tepung kanji dan daging ditambah rempah-rempah lainnya untuk penikmat rasa. Pada dasarnya pembuatannya sama seperti bakso pada umumnya, namun yang membedakannya, jajanan murah meriah ini memiliki ukuran yang kecil dan ditusuk seperti sate kemudian dibakar di atas panggangan bara api.

Bakso bakar memang menjadi salah satu jajanan yang wajib dicoba, bila sedang berada di kawasan Pantai Padang. Dijual dengan menggunakan gerobak motor dan disusun sedemikian rupa berbaris ditepi pantai. Mudah sekali menjumpainnya biasanya di Pantai Padang, Pantai Purus dan Pantai Muaro Lasak. Tiap gerobak memiliki tandan labelnya masing-masing sebagai branding untuk pembeli.

Jajanan ini disajikan menyerupai bentuk sate, hanya saja dagingnya diganti dengan bakso. Dalam satu tusuk terdiri dari 3 buah bakso yang ukurannya lebih besar sedikit dari kelereng sedang. Si penjual akan mencelupkan baksonya ke dalam kuah saus kacang, kemudian diletakan bakso tersebut di atas panggangan bara api dan dikipas. Asap putih mengepul.

Ketika sedang proses pembakaran, baksonya diberi olesan saus cabe dan kecap. Aroma kelezatan semerbak tercium hidung. Bila dirasa sudah cukup dan warnanya telah kecoklatan, maka bakso bakar sudah siap dan terakhir ditaburi dengan bawang goreng. Selanjutnya dibungkus dengan plastik putih dan siap deh untuk dapat dinikmati.

Tiap penjual bakso bakar memiliki racikan tersendiri dalam mengolah baksonya. Bakso bakar ini memiliki rasa yang gurih dan pedas manis dengan sensai kekenyalannya. Ada yang merekomendasikan bila membeli bakso bakar cari pendagang yang berlabel Bakso Bakar GG, Bakso Bakar UQ, Bakso bakar FQ dan Bakso Bakar Threee.

Harga satu tusuknya sangat terjangkau sekali hanya Rp.1000,- saja dan dapat ditemui jelang sore hingga malam hari. Biasanya bakso bakar menjadi jajanan yang dijual di sekolah-sekolah, namun seiring berjalannya waktu bakso bakar semakin populer dan peminatnya juga banyak. Kini bakso bakar  menjadi kuliner khas tepi pantai Kota Padang yang patut dicicipi dan dapat dinikmati oleh segala kalangan. 

Tulisan ini telah dipublikasikan di Detik Travel

Salah satu penjual Bakso Bakar di tepi Pantai Padang
Gerobak yang berisi bakso bakar
Bakso yang ditusuk menyerupai sate ini sebelum dibakar
Bakso yang telah dilumeri dengan saus kacang dan dibakar di atas panggangan bara api
Bakso bakar yang bumbunya mulai mengering dan berwarna kecoklatan

Bakso bakar ditambah saus cabe dan kecap
Bakso bakar yang telah dibumbui bawang goreng
Terakhir bakso bakar yang telah siap kemudian dimasukan ke dalam plastik putih dan tambahkan saus kacang kembali.

Peta Lokasi Bakso Bakar:


————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

6 comments:

  1. BAKSO BAKAR!!!
    jajanan favorit nih..
    mau jalan kemanapun begitu lihat tukang bakso bakar pasti beli, minimal 5 tusuk.. hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe jajanan murah meriah ya uni.
      Kadang suka rindu juga sama bakso bakar taplau hehe

      Delete
  2. bakso bakar sudah nyobain, tapi kerupuknya belum lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa ia mas? Wah rugi kalo belom coba kerupuk kuah itu hehehe

      Delete
    2. Ayo uda dicoba. Hunting kuliner deh ke Taplaunkan gk jauh tempatnya hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...