Wednesday, August 22, 2018

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Padang Heritage dan Kota Tua Padang

Padang Heritage

Padang Heritage merupakan komunitas yang lahir untuk menjadi wadah dalam mengenal lebih dekat warisan kebudayaan sehingga dapat menumbuhkan semangat dan kepedulian untuk pelestarian di Kota Padang secara khususnya dan di Sumatra Barat secara umumnya.

Padang Heritage telah berdiri sejak 22 Maret 2016 digagas oleh Bayu Haryanto. Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan hari air sedunia, agar kelaknya Padang Heritage terus eksis mengikuti perkembangan zaman dan tak lekang oleh waktu.

Aktivitas pertama mulai pada 5 Januari 2017 dengan posting foto di akun Instagram @padangheritage. Kemudian pada 8 Januari 2017 menggelar kegiatan pertama yaitu Padang Heritage Walk.

Padang Heritage
Lanskap Kota Tua Padang dari Jembatan Siti Nurbaya

Latar belakangnya sederhana, karena tertarik dengan foto bangunan tua. Rugi rasanya bila tidak mengabadikan dan apalagi menulisnya. Literatur yang mengulik tentang Kota Tua Padang tidak banyak, begitu juga yang mengkajinya untuk menjadi objek penelitiannya. 

Lahirnya Padang Heritage ini terkait juga dengan perhatian dan tidak banyak masyarakat terutama bagi generasi muda yang menyukai hal-hal yang sifatnya kekunoan. Mulai dari sejarahnya, bangunannya hingga yang lebih kompleks lagi kehidupan masyarakat dalam lintas generasinya.

Padang Heritage
Padang Heritage Walk Mini bersmaa Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP

Padang Heritage memiliki visi menjadi media informasi, sarana edukasi dan gerakan pelestarian warisan budaya di Kota Padang. Kemudian misinya pertama, menyebarluaskan informasi warisan  budaya di Kota Padang. Kedua, melaksanakan kegiatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya pelestarian warisan budaya di Kota Padang.

Padang Heritage tagline “Mengenal Lebih Dekat Kota Tua Padang, karena Menjelajah Tak Melulu ke Alam”.

Padang Heritage Jelajahi Tempo Dulu dan Berbagi di Dunia Kaya

Padang Heritage
Padang Heritage Walk goes to Gunuang Padang


Padang Heritage Hanya Fokus ke Kota Tua Padang saja?  Tentu tidak, Padang Heritage fokus pada pelestarian peninggalan zaman kerajaan, VOC hingga kolonial, penginggalan benteng Jepang, rumah gadang, perekretaapian, tradisi masyarakat serta hal-hal yang monumental terjadi di Padang dan Minangkabau.

Padang Heritage Terafiliasi dengan Pemerintah atau Lembaga lainnya? Padang Heritage bersifat independent dan tidak terafiliasi dengan Lembaga manapun, baik itu pemerintahan, swasta atau NGO. Namun, dalam melaksanakan kegiatannya dapat bergerak secara mandiri dan berkolaborasi.

Padang Heritage Berkolaborasi dengan siapa saja? Untuk melakukan pengembangan Padang Heritage akan menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai kalangan dalam mewujudkan visi dan misinya, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat (BPK III Sumatera Barat), Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Galeri Arsip Statis Padang, Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta, Socmed Sumbar, Rendang Traveler, Pokdarwis Gunuang Padang, Pokdarwis Berok Nipah, Sumatra Wild Adventure, West Sumatra360, Sumatrain dan lainnya


Apa saja program Padang Heritage? 

Padang Heritage
Padang Heritage Explore Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan

Padang Heritage memiliki 2 kegiatan yaitu online dan offline. Kegiatan online berupa publikasi di Instagram @padangheritage dan kegiatan offline terdiri dari 5 program yaitu Padang Heritage Walk, Padang Heritage Walk Mini, Padang Heritage Explore, Padang Heritage Go To School, dan Padang Heritage Sharing

Kegiatan Padang Heritage Online

Postingan Konten Instagram Padang Heritage (@PadangHeritage) yang menjadi sarana promosi dan edukasi bagi masyarakat dalam mencari informasi penginggalan warisan kebudayaan secara digital. Informasi yang ditampilkan berupa foto, video, dan gambar grafis dengan caption yang informatif sehingga dapat menjadi referensi dalam mencari penginggalan warisan kebudayaan secara digital.

Kegiatan Offline-nya, pertama Padang Heritage Walk, merupakan program wajib dari Padang Heritage yang merupakan perpaduan dari kegiatan wisata dan edukasi dengan menjelajah beberapa tempat cagar budaya dan warisan kebudayaan di Kota Padang yang dipandu oleh seorang guide. Formatnya jalan-jalan sembari belajar, mendata, mendokumetasikan, dan bercerita. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin sebulan sekali.

Kedua, Padang Heritage Walk Mini, merupakan kegiatan yang menyerupai Padang Heritage Walk, tapi dengan skala kecil dan waktu pelaksanaannya bersifat aksidentil. Biasanya permintaan khusus untuk survei, pendataan, peliputan dan lainnya.

Padang Heritage
Padang Heritage Walk Mini bersama MNC TV
Padang Heritage
Padang Heritage Explore Lubuk Minturun

Ketiga, Padang Heritage Explore, merupakan kegiatan yang mengekplorasi tempat-tempat bersejarah dan warisan kebudayaan yang ada di Kota Padang. Biasanya melakukan survai, pendataan, dokumentasi, videografi dan lainnya. Kegiatan ini untuk menjadi bahan rute Padang Heritage Walk/Mini. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin sebulan empat kali. 

Kempat, Padang Heritage goes to School, merupakan kegiatan yang mengedukasi pelajar dengan memperkenalkan sejarah Kota Padang sehingga tercipta kepedulian untuk menjaga warisan kebudayaan di Kota Padang. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin satu tahun dua kali.

Padang Heritage
Padang Heritage Sharing goes to Panti Asuhan Ridho Rahmat

Kelima, Padang Heritage Sharing, merupakan kegiatan mengedukasi masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan workshop, seminar, diskusi lepas, bedah buku seputar pelestarian warisan kebudayaan di Kota Padang dan Sumatra Barat dengan mendatangkan pakar hingga kegiatan bakti sosial. Kegiatannya baik diselenggarakan oleh Padang Heritage atau kolaborasi. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin satu tahun dua kali.

Komunitas Padang Heritage juga aktif terlibat dalam kegiatan yang berbau cagar budaya dan kepariwisataan. Mulai diskusi, aksi bersih sungai hingga terlibat dalam membangun wisata edukasi. 

Kota Tua Padang dan Jejak yang Terlupakan.

Padang Heritage

Kota Tua Padang merupakan jejak peradaban yang dibangun dari keberagaman tempo dulu. Keberadaannya masih saja luput dari perhatian. Lihat saja di kawasan inti kota tua ini. Tidak ada yang begitu berubah. Memang kian tua dan seolah-olah tidak berdenyut.

Padahal, Kota Padang ini telah bergabung ke dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia. Beruntungnya juga sudah ada 74 bangunan cagar budaya di Kota Padang yang telah ditetapkan berdasarkan SK Walikota Padang Nomor 03 Tahun 1998. Sayangnya, sebagaian dari cagar budaya tersebut dalam kondisi yang kurang baik.

Padang Heritage

Jika didata ulang akan banyak lagi bangunan dan situs bersejarah lainnya di Kota Padang ini. Menunjukan kota ini lahir dari keberagaman. Umumnya cagar budaya yang dimiliki berupa bangunan dan hampir tersebar ke berbagai penjuru kota. 

Melihat potensi ini menjadi dasar rute kegiatan Padang Heritage Walk dan Padang Heritage Explore. Setidaknya terdapat 26 kawasan yang dengan 30 rute yang sudah dipetakan. Semuanya ini belum dijelajahi. Bagaimanapun juga Kota Tua Padang dan situs bersejarah lainnya selalu memikat untuk ditelusuri meski jejaknya secara perlahan akan menghilang. 

Semoga dengan hadirnya Komunitas Padang Heritage ini dapat menjadi bagian dalam upaya memperkenalkan dan menyelamatkan potongan-potongan kisah lampau yang akan dirajut dalam tiap kegiatannya. Mari mengenal lebih dekat Komunitas Padang Heritage dan jelajahi Kota Tua Padang.
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

4 comments:

  1. nice to see this community grows bigger.. good job uda Bayu.. Semoga bisa semakin menginspirasi.. kalau ada kesempatan ikutan Padang Heritage Walk lagi ah, masih banyak lokasi yang belum kutahu hehe..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap siap bg. Thanks untuk support nya untuk Padang Heritage.

      Next time explor bareng lah bg.

      Delete
  2. Komunitasnya keren bangat, kegiatannya juga menambah wawasan dan tentunya promosi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih mas. Alhamdulillah dengan berbagai kita dapat mengenalkan ynya tidak tahu jadi tahu.

      Yuk mari keliling kota tua Padang

      Delete