Monday, January 13, 2020

Yuk Explore Wisata Pantai Keren di Pariaman

Pantai Keren di Pariaman

Kota Pariaman merupakan salah satu daerah tujuan wisata bahari yang dimiliki oleh Ranah Minang. Objek wisata pantai Pariaman selalu padat pengunjung. Terdapat sejumlah pantai yang menarik dapat dikunjungi. Para wisatawan bisa rekreasi atau sekedar melepas penat.

Mari memulai penjelajahan wisata pantai di Kota Pariaman.

Pantai Gandoriah, Pantai Legenda Penuh Atraksi

Pantai Keren di Pariaman

Pantai Gandoriah berada di Kelurahan Pasir, Keecamtan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Pantai Gandoriah memiliki pantai yang landai dengan pasir berwarna kuning kecoklatan, menghadap langsung dengan gugus pulau yang membentang tidak jauh dari pantai ini seperti Pulau Angso Duo dan Pulau Tangah.

Di sekitar pantainya terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga dapat menjadi tempat untuk berpiknik ria, bermain air atau olahraga pantai. Pantai Gandoria juga dikenal dengan tempat untuk berwisata kuliner dengan makanan khasnya Nasi Sek, Nasi Sala, dan paling istimewa gorengan Sala Lauak.


Nama Pantai Gandoriah ini berasal dari legenda rakyat Minangkabau yang mengkisahkan perjalanan cinta seorang pemuda bernama Anggun Nan Tongga dengan Puti Gandoriah. Penamaan pantai ini melalui serangkaian kajian hingga diresmikan pada masa pemerintahan Bupati Zainal Bakar periode 1990-1994.

Menariknya, seperti sepaket dalam cerita, nama Anggun nan Tongga pun terlebih dahulu diabadikan menjadi nama hotel tertua di Kota Pariaman yang telah berdiri sejak tahun 1987. Jauh sebelum ada penamaan Pantai Gandoriah. Di samping itu, Pantai Gandoriah pun pernah menjadi pelabuhan tua dan lokasi pertempuran zaman kolonial.



Pantai Gandoriah terbaru saat ini sangat menarik karena terdapat landmark tulisan “Pantai Gandoriah” yang ukurannya cukup besar. Lokasinya ini bernama anjungan wisata Pantai Gandoria yang menjadi spot berfoto favorit bagi wisatawan. Pantai Gandoriah pun menjadi tempat pelaksanaan berbagai event besar tahunan dan tradisi budaya Tabuik yang menyita banyak perhatian pelancong, baik dalam maupun luar negeri.

Gambar Pantai Gandoriah pun banyak tersebar diberbagai media sosial. Pantai Gandoriah ini tidak jauh dari pusat kota, dapat diakses oleh segala jenis kendaraan dan dekat dengan stasiun kereta api.Wajar saja Pantai Gandoriah ini menjadi ikon yang wajib dikunjungi oleh wisatawan

Pantai Cermin, Pantai Arena Olahraga Pariaman



Pantai Cermin tidak jauh dari Pantai Gandoria yang masih satu garis pantai. Berlokasi di Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Sekitar 1,5 km dari pusat kota. Pantai Cermin berasal dari nama singkatan Cemara Mini ini menjadi destinasi wisata yang ramai juga dikunjungi oleh para pelancong, mempunyai pantai yang tidak begitu landai, warna pasirnya kuning kecoklatan.

Terdapat Taman Anas Malik yang menjadi ikon dari Pantai Cermin. Taman ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat, karena didedikasikan untuk mengenang tokoh penting ada di Kota Pariaman. Ada juga Monumen Asmaul Husna yang bisa menjadi wahana edukasi.

Pantai Cermin bisa juga disebut beach sport turism atau pantai arena olahraga di Kota Pariaman. Tersedia arena skatepark yang banyak digandrungi oleh generasi muda kota ini. Kemudian ada sirkuit sepatu roda yang satu-satunya berstandar nasional di Ranah Minang.

Pantai Cermin ini dipadati oleh pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang membuat sekitarnya menjadi sejuk dan asik untuk bersantai. Cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai sembari mencicipi kuliner khas pesisir pantai. Sejumlah wahana dapat dinikmati di pantai ini seperti rumah pohon dan area bermain untuk anak-anak. Jika ke Kota Pariaman jangan lupa bertandang ke Pantai Cermin.

Pantai Kata, Pantai Warna Warni Pariaman 




Pantai Kata menjadi destinasi pilihan untuk berwisata bahari yang berlokasi di Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Sekitar 3 km dari pusat kota. Pantai Kata tidak terlalu landai dengan pasir yang berwarna kuning kecoklatan dengan ombak yang tidak begitu besar. Pepohonan pinus mendominasi sekitaran pantai yang dapat menambah nyaman para pengunjung.

Nama “Kata” itu berasal dari singkatan nama dua desa yang berdekatan dengan pantai ini tersebut, yaitu “Karan Aur dan Taluak”. Pantai ini bisa menjadi tempat untuk melaksanakan outbond karena terdapat area yang cukup luas. Masyarakat sekitar pun memanfaatkan Pantai Kata untuk jogging dan bersepeda.



Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dengan hadirnya bebatuan warna warni sehingga mengundang perhatian pengunjung terutama yang menyukai berswafoto. Di Pantai Kata juga terdapat gazebo yang menghadap langsung ke laut dan menjadi objek menarik untuk berburu matahari tenggelam.

Di samping itu, aktivitas masyarakatnya yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan ini dapat juga menjadi daya tariknya. Pantai Kata memiliki pesona tersediri dari sederet pantai-pantai di Kota Pariaman.

Pantai Sunur, Pantai Tersembuyinya Pariaman


Pantai Sunur bukan terbilang objek wisata bahari yang baru di Pariaman. Keberadaannya memang tidak setenar dengan Pantai Gandoriah, Pantai Cermin dan Pantai Kata. Pantai ini belum begitu familiar oleh wisatawan. Namun, memiliki keunikan dan potensi yang tidak kalah dengan destinasi lainnya.

Pantai Sunur ini berlokasi di Desa Sunur, Kecamatan Pariaman Selatan. Kota Pariaman. Posisinya dekat dengan muara sungai, dekat Pantai Kata, dan berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman, tandanya adalah jembatan.

Pantai Sunur ini dipadati dengan pohon pinus yang baru dewasa sehingga terlihat rapat dan berbaris dengan rapi. Biasanya masyarakat setempat menikmati keindahan pantainya ketika sore hari dengan mencari angin atau menanti matahari terbenam.

Pantai Sunur terkenal juga dengan ilmu bela dirinya yang bernama Silek Sunua. Sepanjang pantai ini juga tersedia rumah makan yang menjual menu khasnya yaitu Gulai Kapalo Lauak dan Nasi Sek. Pantai Sunur menjadi tempat peliur kala ingin mencari suasana yang lebih santai dan tidak begitu ramai. Mau rileks coba ke Pantai Sunur.

Inilah empat pantai keren yang dimiliki oleh Kota Pariman. Tentunya masih ada pantai lainnya selain ini, tapi pantai ini dapat menjadi rekomendasi bila berlibur ke Kota Pariaman. Silahkan coba.
——————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

29 comments:

  1. Pantainya terasa indah kalau membayangkan setelah membaca narasi penejelasannya. Sayangnya, fotonya nggak lengkap. Ibarat sudah ngambil nasi, eh lauknya belum matang. ehehe

    ReplyDelete
  2. pantai gandoriah becekgram banget yah, waktu ke gandoriah aku diajakin Aul naik ke atas tulisan gandoriah, tapi males panas banget wkwkw... gak taunya cakep gini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali seru kalo ambil gambar refleksi. Tapi kalo cerah panasnya poool banget auto black hehehe

      Delete
  3. Salah satu yang paling aku suka juga, Pantai Tiram
    Yang di jalan pintas dari Pariaman menuju Bandara

    Sering banget piknik di sana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pariaman aul bukan padang pariaman hehehe
      Tiram dikenal spesialis kuliner pantainya spotnya menarik dan asik untuk piknik

      Delete
  4. Pantai Gondariah ini keren banget sih menurut aku, dan cocok banget dijadiin tempat liburan yang instagramable. Jadi buat yang suka foto-foto pasti bakalan suka banget sama tempat liburan yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pantainya cukup landai bisa berlari lari sesuka hari. Tapi kalo gk mau bisa juga piknik saja

      Delete
  5. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri. Keempatnya wajib dikunjungi nih. Itu batu warna-warni sengaja dicat atau alami sih? Pantai kata sepertinya yg tidak banyak pengunjung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai di Pariaman ini memiliki kekhasannya masing-masing. Ada yang instagrammable, ada yang banyak kulinernya ada yang asik untuk rekreasi atau sekedar nongkrong.

      soal batu yang diwarnawarni itu sengaja di cat hehhee

      Banyak penyunjungnya terutama bila akhir pekan dan liburan

      Delete
  6. Menarik sekali. Saya sendiri juga sudah menuliskan artikel mengenai wisata Sumbar yaitu yang terletak di Padang. Kalau Pariaman itu Padang ya Kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda uni, padang dan pariaman beda daerahnya namun masi deket sih aksesnya tersedia untuk transporatasi umum meski terbatas

      Delete
  7. Cantik nian ....
    Pantai di kawasan Padang bagus semua ya?
    Semoga ada umur untuk kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di kota pariaman uni, sekitar 2 jam dari kota padang. Pantainya menarik untuk dikunjungi terlebih untuk piknik seru banget

      Delete
  8. Kan, jadi pengen ke Pariaman lagi kan

    ReplyDelete
  9. Kak, kalau ke pantai-pantai ini aksesnya enak gak? Belum pernah ke daerah Sumatra sih, cuma selalu ingin aja tahu lebih banyak. Aku baru tahu kalau di Pariaman banyak pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk akesenya sangat mudah jalannya sangat baik namun terbatas kendaraan umum. Bisa pake ojek biasa atau ojek online

      Delete
  10. Ternyata di Pariaman banyak pantai juga ya, Kak. Saya penasaran sama pantai Gandoriah, kelihatan bagus ya pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pariaman salah satu kota yang memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satu yang terkenal pantai Gandoriah tempatnya asik terlebih jika ada event tahunannya. Selalu ramai dikunjungi

      Delete
  11. Aku baru mendengar tentang pantai Gandoriah ini, sepertinya aku yang masih kurang jauh main nih. Menarik pantainya nih bisa berhubungan dengan legenda rakyat. Berarti Pariaman nih harus masuk list yang dikunjungi yah, ada banyak pantai menarik yang menanti untuk didatangi apalagi bagi penyuka pantai seperti aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali karena penamaan pantai gandoriah ii diambil dari cerita rakyat di Minangkabau. Ayuk silahkan menjelajahi sudut-sudut kota Pariaman

      Delete
  12. Senangnya bisa menikmati keindahan pantai di Padang.
    Ke empat pantai diatas termasuk pantai yang tenang dengan ombak relatif kecil kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ombaknya cukup aktif tapi kondisi tertentu saja. Menikati pantai sambil kulineran memang wajib banget bila berkunjung ke pariaman

      Delete
  13. Untuk pantai sumur nya bang belum ada foto terbaru? Jadi penasaran hehehe

    ReplyDelete
  14. ternyata pantai di Pariaman juga bagus-bagus ya. Bener banget emang, Indonesia yang garis pantainya panjang banget, mestinya punya banyak pantai yang indah-indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tidak diragukan lagi deh klo indonesia memang neagar kepulauan dengan garis pantai yang menawan

      Delete
  15. Ya ampun.. cantik2 banget pantainya.. Pariaman ternyata surga juga ya buat penyuka pantai..semoga bisa kesana lagi dan jelajah pantai2nya...

    ReplyDelete