Wednesday, September 3, 2014

Muaro Putuih Laguna Tersembunyi di Sumatra Barat


Tidak banyak yang tahu bila Sumatra Barat memiliki laguna. Fenomena alam yang terjadi dipesisir pantai ini menciptakan pesona alam yang menakjubkan. Laguna ini diakibatkan oleh kumpulan air asin yang terpisah dari laut yang terhalang gundukan pasir pantai atau batu karang sehingga seperti danau atau rawa-rawa.

Sehabis lebaran kemarin, di awal bulan Agustus, saya bersama Febri Mai Yulis Sandra berkesempatan untuk dapat mengunjungi daerah yang cantik sekali dan terkadang banyak yang tidak menyadari lokasi ini sangat potensial untuk menarik wisatawan datang ke daerah tersebut.

Yap, dikenal dengan nama Laguna Tiku yang berada di Jorong Sungai Nimbuang, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Masyarakat setempat menyebut daerah ini dengan Muaro Putuih atau Muara Mati.

Tidak ada penjelasan yang pasti dari penamaan lokasi ini, yang jelas disini kita akan dimanjakan dengan lukisan landscape deretan pepohonan kelapa dengan latar belakang lautan. Begitu tenangnya. Subhanallah, akan terucap dengan sendirinya dari mulut kita.

Di tempat ini jarang dikunjungi para wisatawan sebab termasuk daerah terlarang hanya muara yang berawa-rawa dan berlumpur. Tak hanya itu lokasinya berada juga di belakang pekarangan rumah penduduk.

Sebenarnya lokasi laguna ini cukup mudah untuk dikunjungi berada di tepian jalan utama Padang Pariaman – Lubuk Basung dengan jarak tempuh sekitar lebih 100 km dari Kota Padang atau sekitar 2-3 jam berkendaraan. Lokasi ini merupakan jalan lintas menuju ke Kabupaten Pasaman Barat atau objek wisata Danau Maninjau dengan kelok 44 nya.

Bagi pencinta fotografi, Muaro Putuih ini menjadi rekomendasi untuk diabadikan oleh kamera kita ini. Apalagi saat matahari mulai ke peraduannya, ajib sekali pemandangannya. Menciptakan lukisan alam yang indah dari kolaborasi keindahan laut, laguna dan nyiur melambai pohon kelapa.



Tulisan telah dipublikasikan di Detik Travel
———————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...