Tuesday, March 12, 2019

Macam-Macam Kuliner Khas Bukittinggi Nan Lamak Bana


Bukittinggi menjadi salah satu kota di Ranah Minang yang sering dipadati para pelancong. Udaranya yang sejuk ini membuat suasana kotanya begitu nyaman untuk berkeliling dengan jalan kaki. Terlebih semua destinansinya saling berdekatan dan itupun berada di pusat kota seperti Jam Gadang, Kebun Binatang, Lubang Jepang, Ngarai Sianok hingga kulineran di Pasa Ateh.

Wisata kuliner Bukittinggi pun sangat beragam. Sejumlah makanan yang lamak bana dan jajanan unik dapat ditemui di sini. Pokoknya Bukittinggi itu surga makanan, bisa membuat ngiler dan tentunya bakalan tambuah ciek da!

1. Pical Sikai dan Lamang Tapai itu Klop, Yuk Coba!


Ada Pical Sikai. Makanan ini sejenis pecal jika di pulau Jawa. Ada ketupat dan sayur mayur berupa lobak kol dan rebusan daun singkong yang disiram dengan kuah kacang. Menjadi ciri khas Pical Sikai ini karena ada tambahan jantung pisang dan rebung. Kemudian dihidangkan dengan kerupuk merah yang gurih membuat makanan ini semakin berwarna.

Menyantap Pical Sikai ini tidak seru jika tanpa Lamang Tapai, kuliner khas Minangkabau ini yang memiliki rasa manis dan asam. Pical Sikai menjadi menu sarapan yang wajib dicoba sebelum berkeliling Kota Bukittinggi. Untuk menjumpainya tidak sulit bisa dapat ke Jalan Panorama No.19 C. Dekat Objek Wisata Lubang Jepang. Ada kedai Pical Sikai yang sudah eksis sejak 1948 loh.

2. Pical Ayang dan Bubur Kampiun Bikin Nagih!


Pical Ayang ini tidak jauh beda tampilannya dengan Pical Sikai. Namun, ada alasan lain kalau kulinaran ke tempat ini yaitu mencari Bubur Kampiun. Kuliner yang berupa bubur ini memiliki rasa yang manis dan gurih, karena berasal dari campuran bubur kacang hijau, bubur sumsum, candil, ketan hitam, lupis yang ditambah dengan santan dan gula merah.

Kedai Pical Ayang ini juga menyediakan beragam menu seperti nasi sup, lontong pical, lontong sayur dan lontong toco. Berlokasi di Jalan Simpang Atas Ngarai No. 37, dekat penurunan menuju Ngarai Sianok. Tempatnya sangat recommended untuk sarapan pagi. Selalu ramai. Silahkan coba!

3. Itiak Lado Mudo Sensasi Pedasnya Nendang.


Itiak Lado Mudo ini masakan khas Minangkabau yang berasal dari Nagari Koto Gadang. Namun, menjadi menu kuliner yang disajikan hampir disetiap rumah makan di Bukittinnggi, terutama dekat Ngarai Sianok.

Resep Itiak Lado Mudo ini diwarisi secara turun temurun dengan menjaga cita rasanya yang pedas, gurih, dan kaya rempah-rempah. Menyantapnya dengan sepiring nasi yang masih hangat membuat nikmat tiada tara. Terlebih ditemani pemandangan tebing Ngarai yang mempesona.

4. Ayam Pop Enak Banget!


Ayam Pop menjadi salah satu menu rumah makan yang terkenal di Bukittinggi. Bukan karena ayamnya suka jenis musik Pop, tapi ini soal cita rasa dan pengolahan ayamnya. Kabarnya asal muasalnya dari Rumah Makan Family Benteng Indah yang beralamat di Jalan. Yos Sudarso No. 4. Ternyata sudah ada sejak 1950-an.

Ayam Pop ini sebagai resep makanan khas Bukittingi. Kuliner ini dibuat dari ayam kampung yang sudah direbus dengan ditambah santan dan rempah-rempah tertentu. Selanjutnya digoreng dengan minyak yang panas dalam waktu yang singkat sehingga warnanya masih pucat, putih kecoklatan. Dihidangkan seketika itu, sehingga terasa nikmatnya berpadu dengan nasi yang masih mengepul. Apalagi saat tiba waktu makan siang. Beuuuh!

5. Nasi Kapau, Nasi Ramesnya Ranah Minang


Pernah dengar Nasi Kapau? Ya, kuliner khas Minangkabau ini mempunyai cara penyajian dan menu makanannya yang cukup unik. Dalam satu kedai Nasi Kapau bisa terdapat 15-20 jenis lauk pauk dan berbagai jenis gulai. Begitu lengkap dan menggugah selera. Bisa-bisa bingung untuk memilih lauknya.

Nah, ceritannya nama Kapau itu berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam yg dikenal pandai meracik makanan. Namun, untuk mencicipi Nasi Kapau terkenalnya di Los Lambuang, Pasa Lereng, Kota Bukittinggi. Tidak Jauh dari Jam Gadang. Makan siang dengan Nasi Kapau bikin ngiler!


6. Pisang Kapik, Jajanan Murah Meriah


Pisang Kapik menjadi jajanan yang wajib dicoba saat berlibur ke Bukittinggi. Dari namanya saja sudah menggelitik. Kuliner ini berbahan utama pisang batu atau pisang gepok. Cara bikin Pisang Kapikang mulanya dipanggang di atas bara api. Setelah berubah warnanya menjadi kecoklatan, pisang ini dikapik (dijepit) hingga gepeng. Selanjutnya ditaburi dengan parutan kelapa yang sudah dicampur gula aren.

Pisang Kapik ini bisa disebut Pisang Geprek yang mudah dijumpai di Pasa Ateh, Bukittinggi. Tidak jauh dari Jam Gadang. Ketika mencicipinya ada sensasi rasa yang beragam, manis, gurih, sepet hingga ada aroma bara api yang semerbak. Yuk coba!

7. Pisang Panggang Santan Sedap Sekali


Pisang dapat dikreasikan menjadi menu kuliner yang menggoda seperti Pisang Panggang Santan ini. Seporsinya terdiri dari dua pisang ambon yang telah dipanggang bersama kulitnya, bila sudah matang kupas kulitnya dan dihidangkan pisangnya ke piring. Tuangkan kuah santan yang telah diberi rempah-rempah. Tidak lupa ditambahkan dua roti gabin sebagai cracker-nya.

Mencarinya tidak sulit, berada dekat Pasa Ates dan Jam Gadang. Pisang Panggang HM. Zen cukup terkenal dan ramai dicari oleh para pelancong. Jangan lupa mencobanya ya!

8. Apiang Dadih Unik dan Berkhasiat


Apiang Dadih merupakan kombinasi kuliner khas Minangkabau yang unik, terdiri dari campuran antara ketan merah dan putih yang ditumbuk pipih (ampiang) dengan susu kerbau hasil fermentasi (dadih) yang diberi kuah berupa gula merah dan ditabur parutan kelapa. 

Apiang Dadih ini sekilas mirip bubur sumsum, tapi beda bentuk dan rasanya. Untuk bisa mencobanya dapat berkunjung ke Pasar Lereng atau Pasa Ateh. Tentunya kalo ditanya soal rasa, lamak bana!

9. Kacimuih, Jajanan Khas Minang yang Melegenda

Kacimuih merupakan kuliner khas Minangkabau yang berjenis kue basah dan tergolong jajanan pasar. Kacimuih berbahan dasar singkong yang telah dikukus, dipadukan dengan parutan kelapa dan diberi tambahan gula aren/gula putih sebagai topping-nya.

Jajanan ini memiliki tekstur yang lunak dengan rasa yang gurih dan manis. Dapat dijumpai di sekitaran Pasa Pagi Tembok atau Pasa Bawah Kota Bukittinggi. Harganya cukup terjangkau. Jangan lupa coba kuliner yang melegenda ini.

10. Inti, Kue Khas yang Cuma Ada di Bukittinggi

Inti adalah salah satu jenis kue yang harus ada dihidangkan pada setiap upacara adat di Kelurahan Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi. Kue ini berbentuk bulat yang dibuat menggunakan bahan utama tepung beras. Di bagian dalamnya terdapat isian campuran kelapa parut dengan gula yang dicairkan. Kuliner ini kini sudah mulai jarang ditemui dipasaran.

11. Es Krim Yummy Homade Ala Kota Bukittinggi


Yummy Crepes & Ice Cream lokasinya agak tersuruk berada gang area parkir motor persis di belakang KFC Kota Bukittinggi. Kedai ini menempati bangunan vintage gitu. Lokasinya tidak begitu luas tapi bisa muat untuk nongkrong sejenak setelah bekeliling menikmati Kota Bukittinggi. 

Tersedia beberapa meja untuk santai, ada juga ayunan mini ya paling ini untuk anak-anak ya. Menu andalannya sesuai namanya kreasi crepes dan berbagai jenis ice cream. Ubay suka sekali es krim yang original ditambah saus strowbery yang menggunakan cup. Rasanya pas tidak terlalu manis dan pastinya menyegarakan. Soal harganya pun terjangkau tidak terlalu berat untuk merogoh kocek. 

Setiap ke Bukittinggi pasti Ubay selalu singgah untuk menikmati es krimnya. Kabarnya es krim ini merupakan homemade dan paling the best deh di Bukittinggi. Ini tempat kuliner hidden gems di Bukittinggi juga loh.

12. Kerupuak Sanjai, Cemilan Hits dan Oleh-Oleh Bukittinggi


Ada makanan berat, ada juga jajanan. Nah, untuk kuliner cemilannya ada Kerupuk Sanjai, penganan ini berbentuk keripik dengan bahan baku singkong. Nama kerupuk ini berasal dari sebutan daerah di Desa Manggis, Kelurahan Manggis Gantiang Sanjai, Kota Bukittinggi. Pada umumnya, masyarakat di sini berprofesi membuat keripik ini.

Bentuknya ada yang bulat, panjang, dan ada yang kecil. Ada juga variasi rasanya original yang gurih, balado yang pedas berwarna merah dan hijau hingga rasa keju. Kerupuak Sanjai atau Keripik Sanjai ini dapat menjadi buah tangan yang praktis dan selalu diminta oleh masyarakat saat berlibur ke Kota Bukittinggi.
———————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

61 comments:

  1. waaa bukit tinggi
    bung hatta
    ini salah satu resolusiku mas
    nanti klo ke sini ajak jalan ya
    pengen makan pisang panggang itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia Bukittinggi, kota wisata yang kaya akan kuliner. Kota Bung Hatta juga.
      Semoga kelak bisa berkunjung ke Bukittinggi.
      Pisang panggangnya enak loh

      Delete
  2. Pisang panggangnya menggoda banget tuh mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia pisang panggangnya enak loh mas. Terima kasih sudah singgah

      Delete
  3. Aku nyesel udah masuk ke tulisan ini.. setelah baca tiba-tiba ngabisin nasi satu ember (satu piring luber-luber).. semoga yang nulis ini dikutuk makan lebih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe sabar y mas. Ini cobaan. Semoga saat berkunjung ke kota ini dapat mencoba semuanya ya. No jangan kutuk makan byk soalnya lagi diet hahah

      Delete
  4. kapan ya punya kesempatan mencicipi kuliner khas Bukit Tinggi?semoga ada kesempatan. Aku selama ini hanya mencoba pecel karena orang Jawa. Tak bisa membayangkan pecel ala Bukit Tinggi yang ditambah jantung pisang dan rebung seperti apa rasanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan bisa kulineran ke bukittinggi y uni.

      Ia sensasi nya berbeda menikmati pical khas bukittinggi

      Delete
  5. paling suka pical sikai, pisang kapik, sama gulai tambunsu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubay suka semuanya. Soalnya punya khasnya masing-masing hehehe mulai dari jajanan cemilan hingga makan berat

      Delete
    2. tiga hari di bukittinggi kalap makan ini itu, pagi hari pas mau pulang ke jambi perut diare wkwkw, untung siang udah mendingan jadi aman di travel :)

      Delete
    3. Wah kok bisa diare da? Salah makan kyknya hehehe

      Delete
    4. kayaknya rakus makannya, soalnya masakan bukittinggi enak semua :p

      Delete
    5. Harus dijaga-jaga da. Kan gak baik makan terllau banyak hehehe
      Tapi kuliner Minang memang lezat

      Delete
    6. mungkin lagi gak enak aja perutnya menerima asupan lemak dr santan dan berminyak tiap hari hahaha, btw saya gak kapok kok sm kuliner bukittinggi :)

      Delete
    7. Jangan pernah kapok untuk kulineran di Ranah Minang. Rugi da. Ia asal jangan berlebihan takut kaget perutnya soalnya kan menu Minang pedas pedas

      Delete
    8. Kalo ke padang berkabar J bang

      Delete
    9. Siap Ubay, nanti saya kabari lewat ig yah hihihi :)

      Delete
  6. Penasaran banget sama ampiang dadiah sama nasi kapau...terakhir ke bukittinggi kesorean hehehe

    ReplyDelete
  7. Aduh bikin ngeces nih .....

    kapan ya saya ke Bukit Tinggi ....#berharapbanget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal kuliner memang siapa yg gk ngiler 🤤

      Semoga ada kesempatan untuk bisa singgah ke bukittinggi

      Delete
  8. Hatiku tersimpan di Bukittinggi :)
    Makanan Minang emang juara banget! Penggagal diet nomor satu! :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jatuh cinta pada Bukittinggi ya hehehe
      Jangan salah kalo gagal diet jika kulineran di Ranah Minang heehee

      Delete
  9. Kuliner asal Minang itu enak2 lho, hampir mirip dg kuliner Palembang yg banyak memakai santan dlm pembuatannya.. Kalo lamang tapai banyak dijual saat bulan puasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali tidak ada yang bohong kalo udah coba kuliner Minang pasti bilang enak, sekalipun lidah lagi sakit.

      Wah lamang ini khas banget

      Delete
  10. Ya ampuuun... Tambuah ciek da! Baca tulisan ini rasanya pingin langsung ngeeengg ke rumah makan Padang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo langsung aja coba ke tempatnya uni. Datang ke Bukittinggi dan cicipi semuannya hehehee

      Delete
  11. aku kepengin makanan itik itu loh, duh buka blog ini pas menjelang makan siang. perut jadi lapar deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itik ini kaya akan rempah-rempah dan rasanya enak enak banget deh
      HArus sabar sabar uni, kalo bukanya saat makan siang hehehe
      biar gk ngiler

      Delete
  12. Penasaran banget mih pengen makan kuliner minang langsung di minangnya. Psti enak banget dengan citarasa yang asli. Ngileeerrrrrr..

    https://irraoctavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo uni ditunggu kee datangannya di Minangkabau. Pasti bakalan nagih dan rindu

      Delete
  13. Bukit Tinggi kulinernya bikin ngiler yah kak. Hahaha... Saya pingin icip Itiak Lado mau, maklum penggemar sambel . Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah patut dicoba kalo gitu uni. Itiak lado ijau ini rekom deh. kaya rempah-rempah juga

      Delete
  14. Dan harusnya, sebelum baca blog Ubay mesti wanti-wanti diri sendiri buat tegar gak kangen kampung hahaha Makasii udah cerita Bro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap uni. Jangan lupa ntuk pulang kampung heheh

      Delete
  15. Waduh, bisa gagal diet kalau ke Bukittinggi, Mas. Saya ngincer nasi kapau, itiak lado dan pisangnya. Plus tentu saja kopi kawa yang tersohor itu. Kapan ya bisa ke Sumbar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kalo ke Bukittinggi gk afdol jika gk makan semua itu. Tapi harus jaga jaga biar gk berisi badannya. Ayo ke Sumbar

      Delete
  16. Mau banget nyobain itiak lado mudonyaaaa. Ternyata bukittinggi banyak uga ya kulinernya, wajib kesana nih kapan2 biar gendatzzz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas nanti nagih uni. Soal kuliner ranah minang memang juaranya

      Delete
  17. JADI AKU NANTI MAU DITRAKTIR YANG MANA KLO KE PADANG BHUAHAHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bos. Ke padang dulu aja yang penting hahahaha 😅

      Delete
  18. Wahhh banyak juga ya pilihan kulinernya... pernah nyampe ke Bukit tinggi dan ke daerah Padang lainnya tapi gak kulineran. jadi taunya cuma nasi padang gt dimana2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi padang makan di Padang akan lebih mantap. Kalo jalan2 jangan lupa kulineran cari yang khasnya. Bakalan menarik dan bikin Nagih

      Delete
  19. Yummy betuuul .. semua kulinernya Bukit Tinggi, yaa ..
    Kalau ntar kesampaian kesana, kudu abaikan dulu program dietnya wwwkkk ..., yang penting puas banget icip-icip semuanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Ranah Minang jangan ada kata diet rugi nanti.
      Makanannya enak enak

      Delete
  20. Aku jadi mau liburan ke Bukit Tinggi. Apa lagi liat snack yang ada keripik balado yang juara banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keripik nya cocok untuk oleh2 dan cemilan juga. Beragam rasa dan bentuk hehehe

      Delete
  21. pisang panggangnya keknya enak banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia enak banget. Kuliner tradisional banget. Selalu dirindukan

      Delete
  22. Alhamdulillah setahun di sini udah nyicipin semuanya :)

    ReplyDelete
  23. Ya Allah bacanya di jam 4 sore, auto pengen kesana buat wisata kuliner

    ReplyDelete
  24. Kayaknya waktu itu ke Bukittinggi cuma sempat makan nasi kapau euy.. camilan pisang santannya aja gak sempat.. hiks..
    kapan-kapan main lagi ahh ke Bukittinggi..

    ReplyDelete
  25. Taragak jo kampuaaang 😭😍💝

    ReplyDelete