Thursday, August 11, 2016

Hamparan Kebun Teh Danau Kembar Akan Membuatmu Terpukau


Suatu hari bila sedang di Sumatra Barat, dapat menikmati akhir pekan dengan mengunjungi tempat-tempat yang hijau-hijau. Misalnya pergi melancong melihat hamparan kebun teh yang menyegarkan mata. Kabupaten Solok merupakan salah satu dari tiga daerah di Minangkabau yang memilik perkebunan teh. Tidak afdol rasanya, bila bertandang ke Kabupaten Solok tidak mengijakan kaki dan berkelana menyusuri perkebunan teh yang menyegarkan itu. 

Dari Kota Padang tidak begitu jauh, sekitar 40 km berjalan melalui lintas timur menuju Kabupaten Solok, kira-kira 1-1,5 jam perjalanan tergantung kendaraannya, bisa menggunakan kendaraan bermotor, mobil hingga bus pariwisata (tidak termasuk estimasi terjadinya longsor dan kemacetan di peratasan Kota Padang dan Kabupaten Solok).

Sesampainya di Lubuak Selasih dapat membelokan kendarannya ke kanan melewati jalur lintas menuju Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Kerinci Jambi. Perjalanan akan sedikit menanjak, kemudian melewati ladang sayur mayur dan buah-buahan yang berbaris rapi hingga terlihat hamparan dedaunan teh membentang menutupi perbukitan layaknya permadani. 

Coba buka kaca kendaraan dan nikmati udara segar nan kaya suplai oksigen ini. Terlihat juga bunga hias berwarna-warni yang dijual oleh penduduk setempat di depan rumahnya menambah cantik perjalan ini.

Hijaunya Kebun Teh Danau Kembar


Selama ini ada yang keliru menyebutkan bila kebun teh ini berlokasi di daerah Alahan Panjang, padahal tersebar di beberapa nagari seperti Nagari Batang Barus, Nagari Aia Batumbuak dan beberapa wilayah sekitar Kecamatan Gunung Talang lainnya. Kemudian nama perkebunan teh ini juga bukan Kebun Teh Alahan Panjang, namun Kebun Teh Danau Kembar.

Kebun teh ini dikelola oleh Unit Usaha Danau Kembar dibawah naungan PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) dan beberapa lahan oleh masyarakat setempat. Unit ini merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang tanaman perkebunan teh yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Kebun Teh Danau Kembar yang sudah ada sejak zaman Belanda ini terletak di lereng Selatan Gunung Talang. Secara topografi pada umumnya bergelombang sampai agak curam dan ketinggian dari permukaan laut antara 1300 – 1600 mdpl dengan hamparan perkebunan teh 605.18 Ha.

Kerennya, meskipun Kabupaten Solok terkenal menjadi lumbung padi, ternyata dari hasil Kebun Teh Danau Kembar ini juga dikenal sebagai penghasil daun teh terbesar di Pulau Sumatera. Artinya Kabupaten Solok ini sebagai lumbung teh juga loh.

Sebelum menjelajah danau kembar dapat singgah terlebih dahulu untuk berkelana melihat pucuk-pucuk teh terbaik Ranah Minang ini. Untuk bisa menikmati pemandangan kebun teh ini dapat meletakan kedaraan di tepi jalan atau menitipkan pada kedai (warung) yang ada di sekitar sini, nanti akan bayar parkir antara tiga ribu sampai lima ribu rupiah (dapat berubah sewaktu-waktu).

Keberadaan kebun teh ini akan menghipnotis para pelancong dan takjub sehingga membuat kita selalu bersyukur akan nikmat yang diberikan-Nya. Serba hijau dan segar sekali nikmat dipandang mata. Berfoto dan selfie menjadi momen yang tidak boleh dilewatkan bila sudah sampai di kebun teh ini.

Tiga Spot Berfoto di Kebun Teh Danau Kembar

Hamparan Kebun Teh di Nagari Batang Barus
Setidaknya terdapat 3 spot menarik untuk bisa menikmati keindahan kebun teh ini. Pertama tidak jauh dari simpang Lubuak Selasih tepatnya di Nagari Batang Barus akan ada ratusan hektar perkebunan teh yang dapat dinikmati sepanjang jalan.

Kedua di aeral perkebunan yang dekat kantor PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) Unit Usaha Danau Kembar yang juga memiliki ratusan hektar pohon teh dan bisa melihat proses pemilahan pucuk daun teh yang berkualitas sebelum diolah lebih lanjut di pabrik.

Terakhir ratusan hektar juga berada di Nagari Aie Batumbuk. Tidak kalah menariknya, di sini menjadi lokasi favorit pengunjung. Sepanjang jalan kira-kira 500 m ini terdapat spot yang ciamik untuk mengabadikan gambar sebab dengan gradiasi perpaduan dedauan teh yang muda dan tua bersama latar Gunung Talang yang menjadi juaranya.

Menyelinap Disela-Sela Pucuk Daun Teh



Sembari menyelinap menyusuri dahan demi dahan pohon teh ini, kita dapat mengambil spot masyarakat yang sedang memetik teh, itu pun jika beruntung dapat momen ketika masyarakat memetik daun teh.

Kebun Teh Danau Kembar sudah tersohor sejak dulu kala, pesonanya memang tiada duanya, begitu indah dan spektakuler sekali. Tidak kalah dengan kebun teh di Lembang Bandung dan Puncak Bogor. Sangat rugi bila melewatkan petualangan dengan melintasi hamparan pohon teh yang tumbuh subur dan mengesankan sekali. Menarik bukan?

Ingat jangan membawa makanan atau minuman ke lokasi kebun teh sebab tidak ada tong sampah. Jaga kebersihan lingkungannya. Dilarang merusak tanaman, tidur di atas pohon teh dan memotong batang pohon teh. Cukup bawa kamera, berpotolah sepuasnya dan nikmati setiap jengkal keindahnya.

Segarnya Hamparan Kebun Teh Danau Kembar 



————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

6 comments:

  1. wuahh.. hijaunya...
    kayaknya enak tuh nongkrong menikmati pemandangan sambil ngopi2.. eh ngeteh2 cantik di kebun tehnya..

    ReplyDelete
  2. Menang enak kakak, dipinggir jalan ada warung2 yg menyediakan makanan n minuman anget2. Soalnya hawanya sejuk

    ReplyDelete
  3. Hamparan teh hijaunya bikin adem, mungkin kalo di Bandung ini mirip ciwidey kali ya?


    Salam kenal dr blogger abal2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas Budy. Bikin seger mata. Ditambah suasannya dan hawanya yg dingin. Seru deh

      Delete
  4. Replies
    1. terima kasih ibu Yulivia.
      jangan lupa terus singgah ke blog saya y.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...