Wednesday, March 22, 2017

Ingin Coba Menikmati Keindahan Kota Padang dari Ketinggian? Ini 10 Tempatnya.


Beragam cara dapat menikmati keindahan alam di Kota Padang. Secara geografis kota yang dikenal dengan cerita Malin Kundang dan Sitti Nurbaya-nya ini berada di kawasan dataran rendah yang dikelilingi oleh perbukitan, sehingga disadari atau tidak, terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi bila ingin menikmati panorama kota dari ketinggian dari berbagai sudut dan keindahannya.

Berikut ini akan saya ceritakan 10 lokasi yang bisa dikunjungi:

1. Taman Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya merupakan nama puncak dari kawasan objek wisata Gunuang Padang dengan luas sekitar 180 meter persegi berada diketinggian 400 mdpl. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Padang sekitar 15 menit berkendara motor. 

Untuk sampai ke taman ini, harus mendaki ratusan anak tangga yang dimulai setelah melewati benteng pengggalan penjajahan Jepang. Konon taman ini merupakan interpretasi tempat Syamsul Bahri dan Siti Nurbaya memadu kasih semasa hidupnya. 

Taman ini menyajikan panorama alam dua spot panorama alam dari ketinggian yaitu spot pertama pemandangan daratan berupa landskap Kota Padang dan bukit barisan, bila cuaca cerah akan terlihat juga dari kejauhan Gunung Tandikat, Gunung Marapi dan Gunung Singgalang menyapa. Spot kedua berupa pemandangan lautan yang biru membentang dengan indah ditambah lagi dari kejauhan terlihat keberadaan Pantai Air Manis.

Baca: Inilah 13 Hal yang Perlu Kamu Ketahui 

2. Gunung Pangilun

Meskipun kota padang tidak memiliki gunung, tapi bukit yang disebut Gunung Pangilun ini bisa menjadi pilihan untuk hiking sekaligus menikmati landskap Kota Padang dengan view 360 derajat. Nama tempat ini berasal dari nama salah seorang tokoh yang melegenda di sana, bernama Pangilun. Tempat bersejarah ini berada di pusat kota yang berlokasi di kawasan Jalan Gajah Mada, tepatnya di Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Hamparan banguan dan hiruk pikuk kehidupan akan terlihat begitu menawan ketika sampai dipuncaknya yang ketinggiannya sekitar 70 mdpl. Kabarnya juga d kawasan ini pernah menjadi salah satu benteng pertahanan pada zaman penjajahan terutama ketika negara Jepang masuk. Terdapat beberapa gua dan bungker pertahanan yang masih bisa dijumpai hingga saat ini.

Baca: Objek Wisata Kota Padang

3. Skyline Restaurant Hotel Ibis Padang


Berbeda dengan tempat lainya, Skyline Restaurant Hotel Ibis Padang menyajikan keindahan kota yang kesannya lebih eksklusif. Hotel ini dibangun sejak 2012 lalu dan lokasinya masih di pusat kota yang beralamat di Jalan Taman Siswa No. 1A, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Kota Padang. 

Biasanya untuk menikmati keindahan Kota Padang harus mendaki bukit dan treking yang bisa mengeluarkan keringat, tapi di tempat ini bisa lebih santai dengan menggunakan lift karena berada di puncak bangunan yang digunakan sebagai tempat makan. Karena tempat ini hotel, tentunya tidak sembarang orang bisa masuk. Setidaknya, bila ingin mencoba sensasi yang lebih eksklusif bisa mengunjungi tempat ini, sembari makan dan kongkow-kongkow.

4. Bukit Gado-Gado


Bukit ini masih satu rangkaian dengan Gunuang Padang yang memiliki dua titik keindahan alam yakni panorama gugus pulau-pulau kecil dan pelabuhan yang menghadap Samudera Hindia serta landskap kota yang dipagari perbukitan nan hijau. Lokasinya dapat di tempuh menuju jalan ke Pantai Air Manis atau melalui jalan kecil dari Gunuang Padang.

Bagi pencinta olahraga ekstrim dapat mencoba bermain Paralayang, sebab bukit ini menjadi titik awal lepas landasnya. Di Kota Padang hanya di bukit ini dapat mencoba sensasi melayang-layang di udara, sembari menikmati keindahan alam pesisir pantai Kota Padang. Untuk yang hobi fotografi, Bukit Gado-Gado ini bisa menjadi pilihan untuk hunting, sebab landskapnya sangat keren, terutama kala senja, kemilauannya begitu mempesona.

5.  Mercusuar Bukit Lampu



Bila melewati Jalan Raya Padang-Painan akan menjumpai bangunan mercusuar peninggalan zaman kolonial Hindia Belanda. Tempat ini bernama Mensu Bramas. Cukup menarik untuk dikunjungi, karena dapat melihat sisi keindahan pesisir Kota Padang yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.Bukit Lampu ini berada pada ketinggian sekitar 150 mdpl.

Baca: Melihat Mercusuar Berlubang Jepang di Kota Padang

6. Bukit Nobita


Bukit Nobita atau Bukit Tigo Tungku Sajarangan parnah menjadi buah bibir dikalangan masyarakat pada Akhir tahun 2014 lalu. Mengapa? Bukit ini memiliki panorama cityschape yang sangat mengagumkan dan dapat dinikmati dalam berbagai waktu. Pesonanya dapat ditemui baik itu pagi, petang maupun saat malam tiba dengan hampir 180 derajat view kota tampak jelas di bukit ini.

Bukit ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Kota Padang dari ketinggian. Dari bukit ini terlihat jelas hamparan bangunan Kota Padang hingga sampai ke lautan. Untuk menuju bukit ini dapat ditempuh melalui dua jalur dari Jalan Kampung Jua dan Jalan Arai Pinang sekitar 15 km dari pusat kota. Tepatnya di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Baca: Yuk ke Bukit Nobita, Temukan Sensasi Berfoto Berlatarkan Kota Padang

7. Kampus Universitas Andalas

Univesitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di perbukitan, sehingga dapat menjadi pilihan untuk menikmati panorama alam Kota Padang. Tempat ini sekitar 15 km dari pusat kota berada di perbukitan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang dengan ketinggian sekitar 255 mdpl. 

Kampus ini menghadap ke Kota Padang dengan pemandangan Samudera Hindia yang biru membentang di sebelah Barat dan pada bagian Timurnya berjajar bukit barisan. Spot terbaiknya berada di pelataran gedung rektorat. 

8. Bukit Kampung Guo



Bukit ini berada cukup jauh dari pusat kota sekitar 20 km menuju Air Terjun Lubuak Tampuruang yang berlokasi perbuktian Kampung Guo, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Sesampainya di lokasi ini hamparan sebagian Kota Padang dan laut terlihat. Barisan perbukitan membentang sepanjang mata. Meski tempat ini tidak banyak yang mengunjunginya, tapi dapat menjadi satu pilihan untuk menikmati panorama kota padang dari ketinggian.

Baca: Keseruan Bermain di Air Terjun Lubuak Tampuruang Kota Padang

9. Balai Pembibitan dan Agrowisata Sungai Lareh


Melihat hamparan Kota Padang dengan suasana yang berbeda dapat mengunjungi Balai Pembibitan dan Agrowisata Sungai Lareh. Tempat ini sudah ada sejak tahun 2007 yang beralamat di jalan Sungai Lareh, Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Berada dikawasan perbukitan yang penuh dengan tanaman hias dan aneka pohon buah-buahan menjadikan tempat ini cukup berbeda. Panorama kota akan terlihat dari puncak tempat ini dengan ketinggian wilayah sekitar lebih dari 40 mdpl. Di tempat ini juga tersedia penginapan dan bisa dijadikan tempat berkemah.

10. Panorama Sitinjau Lawik



Panorama Kota Padang dari Sitinjau Lauik memang sudah lama kesohor. Tempat ini berada jalan lintas Padang-Solok. Berada di kawasan perbukitan yang tinggi lebih dari 1000 mdpl, masih sejuk dan asri.Tempat ini dijuluki Padang Scenic Point, karena di dapat bebas meneropong panorama Kota Padang yang berlatarkan Samudra Hindia. 

Kala pagi, kabut tipis akan menyelimuti kota dengan panorama khas pemandangan pegunungan, sedangkan malamnya kelap-kelip lampu rumah penduduk akan menjadi sajian yang menawan untuk disaksikan. Di sini terdapat dua tempat untuk melihat view Kota Padang terutama di pos kedua. Di tempat ini dilengkapi dengan gazebo dan manjadi lokasi yang sering disinggahi oleh pengunjung.

Baca: Objek Wisata Kota Padang

—————————————————————————————————————————————
 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

10 comments:

  1. kl senja cakep banget ya viewnya bang. keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada lagi uni turiscantik. sangat cakep viewnya bikin damai apalagi spot2 melihat kota padang dari ketinggian itu ada banyak

      Delete
  2. Sukaaa...kpn ada waktu kita jelajah­čśŹbtw bs gk ya bw Ank kecil ketempat seperti ini?usia 5thn

    ReplyDelete
  3. Maksih bu. ayo coba jelajah

    Bisa Bu. tapi harus treking maklum berada di Bukit.

    ReplyDelete
  4. hhhm jadi kota padang dikeliingi perbukitan to mas bay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia di sebelah timur kota Padang adalah perbukitan. Sekitar 70% wilayahnya di daerah dataran tinggi dan perbukitan. Sisanya untuk pemukiman dan kota yang padat di tepi pesisir pantai

      Delete
  5. Wah...mantap jua...padahal aku tinggal dipadang tpi gak tau klo ada spot yg indah...mungkin karna sibuk cari piti ya...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Uda. Banyak hal menarik yang tidak org ketahui padahal selalu ada dan dekat dlm kesehariannya. Tapi seperti biasa alasan klasik karena kesibukannya tidak menyempatkan untuk pikinik hehehehe

      Menjelajah satu cara untuk bersyukur dan satu cara untuk awet muda hehe

      Delete
  6. subhanallah, padang keren juga yak. ada bukit doraemon gak? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe alhmdulilah padang masih ada juga spot2 tesembunya dan butuh pengelolaan dengan baik bila inging dijadikan destinasi wisata.

      Wow, belum ada nih tapi bisa juga nanti di branding untuk jadi bukit doraemon :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...