Saturday, February 24, 2018

4 Pantai untuk Berburu Sunset Indah di Kota Padang


Kota Padang dikenal dengan destinasi wisata baharinya. Memiliki pesona tersendiri, mulai dari pantai, pulau hingga keindahan bawah lautnya. Anugerah garis pantai yang cukup panjang di Ranah Minang ini, menjadikan kota bengkuang ini sebagai surganya bagi para pemburu matahari terbenam (sunset).

Terdapat sejumlah pantai yang dimiliki oleh Kota Padang, dari data yang dikumpulkan ada 17 pantai dengan berbagai karakter dan keunikannya tersendiri. Namun, tidak semua pantai itu yang memiliki pesona sunset yang menawan. Setidaknya ada empat pantai yang dapat menjadi referensi untuk melihat matahari terbenam di Kota Padang. 

1. Pantai Padang (Tapi Lauik)

Dimulai dari Pantai Padang atau biasanya dikenal dengan Taplau (Tapi Lauik) ini menjadi destinasi unggulan yang dikelola langsung oleh pemerintah kota. Pantai ini terletak di pusat kota yang mudah diakses oleh semua kalangan.

Momen waktu libur atau weekend sudah dipastikan pantai ini selalu dipadati oleh pengunjung. Semua masyarakat telah mengenal tempat rekreasi keluarga ini, murah meriah, tidak ada tiket masuk alias gratis, kecuali membayar parkir kendaraan. 

Sebenarnya, Pantai Padang ini terbagi menjadi enam bagian pantai yang membentang sepanjang 4 km mulai dari Pantai Muaro, Pantai Samudera, Pantai Olo Ladang, Pantai Purus, Pantai Cimpago hingga terakhir di Pantai Muaro Lasak. Dari keenam pantai itu hanya tiga tempat yang cantik untuk menangkap suasana kala senja. 

Pantai Muaro Padang


Pantai Muaro Padang menjadi tempat menarik untuk hunting foto, tapi untuk suasana senja. Hamparan pantainya sedikit dan tidak begitu landai dengan warna kecoklatan. Ombaknya relatif tidak begitu besar.

Para sunset loveres dapat mencoba mengambil gambar di sini. Di mana saat matahari yang kembali ke ufuknya. Memancarkan warna warni khas lembayung senja dengan berlatarkan Gunuang Padang dan sepasang mercusuar kapal sebagai pelengkapnya. Oh, syahdunya.

Pantai Cimpago Padang




Bila sore tiba, saatnya melihat matahari terbenam di Pantai Cimpago Padang. Pantai ini memiliki  berwarna kecoklatan dengan hamparan pasir yang tidak begitu landai. Kemudian ombaknya tidak terlalu besar. Terkadang pantai ini dimanfaatkan oleh anak muda setempat untuk berlatih olah raga selancar (surfing) tiap sorenya.

Momen menjelang lembayung senja itu selalu dimanfaatkan untuk hunting foto. Menangkap warna-warni pentang yang selalu indah. Suasana itu akan terlihat jelas, setelah kumandang azan Magrib tiba di Kota Padang. Lukisan alam yang mendamaikan dan terkadang membuat baper. Hohohohoo

Pantai Muaro Lasak Padang


Pantai Muaro Lasak termasuk pantai yang memiliki hamparan pasir yang cukup luas dengan warna kecoklatan, tapi sayangnya rawan abrasi. Ombak di pantai ini cukup tinggi, jadi disarankan untuk tidak bermain air dan berenang ke laut.

Di pantai ini beberapa pohon Waru yang tumbuh. Terdapat taman yang menjadi ikonik untuk objek berfoto, bernama Taman Muaro Lasak dan ada juga Monumen Merpati Perdamaian.

Suasana petang di pantai ini tidak jauh beda dengan di Pantai Cimpago Padang. Tiap tempat akan berbeda sensasi keindahannya.

Inilah sebagian wajah dari pantai yang berada di pusat Kota Padang. Kabarnya, sunset di Pantai Padang ini tidak kalah cantik dengan yang di Bali loh. Mungkin beda-beda rasanya.

2. Pantai Pasie Jambak



Pantai Pasie Jambak terletak di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tengah. Dari pusat Kota Padang sekitar 30 menit. Memiliki topografi pantai yang landai dengan garis pantai yang luas.  Berpasir padat dan berwarna kecoklatan dengan ombak yang cukup aktif sehingga disarankan tidak bermain air di laut.

Terdapat pepohonan pelindung berupa kelapa dan pinus jarum yang asri, tapi sayangnya rawan abrasi. Dikelola oleh pemerintah kota dan tidak ada tiket masuk (per Juni 2018).

Sinar mentari yang perlahan meredup akan menyelinap disela-sela batang pepohonan yang berbaris rapi di tepi pantai. Menjadikan suguhan pemandangan alam yang menakjubkan.

Gambar siluet akan tercipta dengan pancaran warna senja yang mendamaikan. Pantai ini menjadi tempat yang rupawan untuk berburu sunset sekaligus referensi lokasi foto praweding dan cukup instagenik di zaman now ini. Baca Pesona Pantai Pasie Jambak Padang.

3. Pantai Aie Manih



Pantai Aie Manih berlokasinya 15 km dari pusat kota, tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai ini dikenal dengan Batu Malin Kundang dan menjadi destinasi wisata yang sudah go international.

Tempat ini telah kesohor dengan legenda dari “si anak durhaka” yang tidak berbakti kepada orang tuanya. Dikelola oleh pemerintah kota dengan tiket masuk Rp. 5 ribu dewasa dan anak-anak Rp. 3ribu. Parkir motor Rp. 3ribu dan mobil Rp.5ribu. (data Februari 2018).


Bila petang tiba, rona senja yang indah terpancar. Pantai yang padat, berwarna kecoklatan dan landai ini sangat asik untuk mengabadikan matahari terbenam. Dengan latar sepasang Pulau Pisang Ketek  dan Pulau Pisang Gadang serta samudera yang luas.

Bisa juga sembari bermain mobil ATV yang dapat disewa pengunjung. Sesekali olahraga Paralayang pun terlihat di sini. Pantai Aie Manih bisa menjadi list untuk hunting sunset. Tentunya bisa diperoleh bila cuaca dalam keadaan cerah.  Yuk coba!

4. Pantai Nirwana Padang



Pantai Nirwana Padang berada dekat pelabuhan Teluk Bayur, tepatnya di Jalan Raya Bungus-Painan, Kecamatan Lubuk Begalung, sekitar 10 km dari pusat Kota Padang. Sesuai dengan namanya, Pantai Nirwana ini layaknya surganya pantai di Kota Padang. Keindahan alamnya yang begitu memikat membuat siapa saja berkunjung akan terpana, terutama kala senja. 

Memiliki garis pantai sekirar 3 km dengan hamparan pasir putih yang landai dan berkarang sehingga dikenal dengan Pantai Karang Tirta. Terdapat kawasan mangrove dan vegetasi pohon kelapa yang menjadi pemikatnya untuk hunting foto. Dikelola oleh masyarakat setempat dengan tiket Rp.10 ribu per pengunjung (data Februari 2018).

Suasana senja menjadi incaran para fotografer. Kemolekan alamnya menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk menangkap pesona alam Pantai Nirwana. Romansa yang diciptakan dari kelap kelip lampu pelabuhan dan kapal terlihat syahdu, sehingga menjadikan suasana sekitarnya sangat romantis.

Wajar, bila Pantai Nirwana ini menjadi lokasi favorit foto praweding. Padahal tidak banyak loh yang tahu dan mau berkunjung ke pantai ini. Sudahkah melihat sunset di Pantai Nirwana Padang?

***

Pantai-pantai di Kota Padang terkadang menjadi tempat yang nyaman untuk menyendiri. Meski, ada keriuhan alam dari deburan ombak yang mendamaikan. Semilir angin yang menyejukan hati dan petang yang tiba  akan membuat terpesona.

Kala senja di pantai Kota Padang ini tersirat pesan dari warnanya. Ada kerinduan, perpisahan, kenangan, harapan, dan cerita cinta di antara kita. Ayo berburu sunset indah di Kota Padang!
——————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

12 comments:

  1. Bang , cerita pulau lah lagi 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom sempat main2 ke pulau lagi za hehehee

      Delete
  2. Padang memang warbiyasak, jadi ngences pengen ke Padang dan merasakan pesonanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah mas. Sebenernya byk cuma masih belum diekspos aja. Yuk atuh ke padang. Makan rendang kita? hehehe

      Delete
  3. gambarnya gak bisa diliat, kenapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius tu mas? Bisa kok di lihat mas. Mungkin jaringannya ya?

      Delete
  4. wih keren sekali fotonya, sy sudah ke dua pantai di atas tp siang hari jd gak lihat indahnya sunset

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terima kasih uni. Pantai akan lebih cantik dilihat ketika senja dan tengah hari uni hehehe

      Delete
  5. banyak yg menggoda disini nih...

    ReplyDelete
  6. Yuk ke Padang Uda.
    Hunting sunset

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...