Tuesday, November 5, 2019

Danone Open Doors: Intip Pabrik AQUA Solok dan Nikmati Segarnya

Danone Open Doors AQUA Solok

AQUA sebagai salah satu perusahaan air minum terpopuler di Indonesia, sudah lama membumi. Ia telah memberikan banyak perhatian terhadap kelestarian lingkungan hidup serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Baik itu proses produksi hingga memberdayakan masyarakat melalui program-programnya.

Keterlibatan generasi muda dalam menjaga kelestarian lingkungan menjadi upayanya dalam memberikan edukasi. Pengalaman yang tidak bisa dilupakan, ketika saya mendapat kesempatan lagi untuk mengunjungi pabrik AQUA ini. Kali kedua saya bertandang ke sini, dulu ketika kuliah dan kini dengan momen yang berbeda.

Melihat Kemurnian AQUA Lewat Danone Open Doors


Danone Open Doors AQUA Solok

AQUA merupakan bagian unit usaha yang dimiliki oleh perusahaan DANONE. Ternyata telah hadir di Indonesia sejak tahun 1973. DANONE sendiri adalah salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia yang telah berkiprah lama dan memberikan kontribusi dalam menjaga kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup. 

Perjalanan panjang DANONE global hingga bisa eksis sampai satu abad ini tidak lepas dari kepercayaan dunia terhadap perusahaan ini. Setidaknya ada 120 negara yang merayakannya. Ini termasuk di Indonesia dengan membuat program Danone Open Doors. 

Danone Open Doors Factory Visit nama kegiatannya. Diluncurkan untuk memberikan edukasi kepada pemangku kepentingan dan pegiat media sosial secara live tentang proses produksi dan inovasi Danone dalam upaya berkontribusi meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan sebagai wujud komitmennya One Planet, One Health. Semua ini terselenggara melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Serunya Jelajahi Pabrik Danone Aqua Solok 

Danone Open Doors AQUA Solok

Pabrik AQUA Solok menjadi lokasi Danone Open Doors Factory Visit yang saya kunjungi. Hampir satu jam lebih berangkat dari Kota Padang. Saya tidak sendiri, ada 8 rekan-rekan Blogger dan Selegram Sumatra Barat yang ikut program ini. Kami satu mobil bersama dengan dress code yang sama juga, serba biru. 

Danone AQUA ini memiliki unit produksi di Ranah Minang. Eksis sejak tahun 2013. Tepatnya berada di Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Hadirnya Danone AQUA Solok ini sejalan dengan misinya untuk memberikan kesehatan kepada masyarakat Indonesia melalui produk minuman yang berkualitas.

Danone Open Doors AQUA Solok

Keseruan selama di mobil tidak bisa diungkapkan, beberapa diantaranya ada yang sudah kenal dan sebagiannya dipertemukan dalam kegiatan ini. Perjalanan Padang-Solok tidak membosankan karena menyajikan panorama alam yang menawan dan rekan-rekan yang asik. Selama Danone Open Doors Factory Visit kami ditemani oleh mbak Chika dan mas Lukman. 

“Senang sekali bisa berkunjung ke AQUA Solok, tiap pulang kampung sering lewat dan belum pernah singgah,” itulah celoteh Reza, salah satu peserta program ini. 

Danone Open Doors AQUA Solok

Sesampainya di lokasi langsung disambut hangat oleh manajemen. Kemudian ada safety induction yang disampaikan oleh kepala security. Ini hal penting dan wajib dilakukan jika datang pabrik.

Terutama soal keselamatan selama berkeliling pabrik. Misalnya dilarang menggunakan perhiasan, jam tangan, memotret area pabrik tertentu, berjalan di luar line yang telah ditentukan hingga spot evakuasi jika terjadi hal yang urgent.

Sesudah itu dilanjutkan dengan pengenalan AQUA Solok, pertama disampikan oleh Bapak Jhon, Performance Manager. Dilanjutkan oleh Corporate Communication Manager PT Tirta Investama (Aqua Group), Bapak Michael Liemena dan terakhir oleh Bapak Endro Wibowo, Kepala Pabrik Danone AQUA Solok.

Sebelum ke lapangan ada juga pemutaran video 100 tahun Danone global. Dalam video itu kami jadi tahu sejarah perjalanan panjang Danone hingga bisa eksis sampai saat ini.

Pabrik AQUA Solok ini urutan yang ke-17 dari 22 pabrik yang dimiliki se-nusantara. Memiliki luas area 9, 23 hektar berada dilokasi yang strategis di jalan lintas provinsi. Suasana pabriknya pun asri dan sejuk. Komitmen  AQUA dalam menjaga kualitasnya tidak diragukan lagi, mulai dari pemilihan sumber air hingga penerapan Good Corporate Governance dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. 

Hebatnya, semua pabrik AQUA telah disertifikasi untuk Good Manufacturing Process (GMP), Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), dan semua standar ISO yang diperlukan.

Tahu nggak setiap pabrik AQUA ternyata telah menerima sertifikasi ISO 22000 untuk keamanan pangan dan menjadi perusahaan air minum dalam kemasan pertama di Indonesia yang menerima sertifikat tersebut. Teruji bukan?

Gerakan #BijakBerprlastik Ala AQUA

Danone Open Doors AQUA Solok

Keseriusan Danone AQUA dalam pengelolaan lingkungan terlihat dari proses produksinya. Upaya pengolahan limbah plastik sudah dimulai tahun 1993. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu inovasi-inovasi terus dilakukan hingga terciptanya gerakan #BijakBerplastik pada tahun 2018.

Plastik menjadi perhatian banyak kalangan, terutama limbahnya. Ada tiga pilar AQUA dalam bijak berplastik, meliputi edukasi, daur ulang limbah plastik, dan inovasi kemasan produk AQUA. Danone Open Doors Factory Visit menjadi salah satu upaya edukasinya.

Danone Open Doors AQUA Solok

Terkait inovasi, AQUA telah meluncurkan produk AQUA Life yang merupakan kemasan botol yang 100% hasil proses daur ulang. Ini baru di Bali. Semoga saja bisa coba produk ini. Di Padang belum ada. Contohnya saja baju yang digunakan Bapak Michel itu berbahan dari daur ulang plastik botol loh.

Ternyata ada beberapa perubahan yang telah dilakukan seperti tutup botol yang ukurannya lebih kecil dibandingkan yang lainnya. Labelnya pun tidak begitu banyak lagi printing-nya. Berat botolnya jauh lebih ringan dari 16 gr menjadi 14 gr.

Saat ini kemasan botol AQUA sudah mengandung bahan daur ulang sampai dengan 25% dari total komposisinya. Bahan plastiknya berjenis polietilena tereftalat (PET). Untuk galon, 65% dari daur ulang dan sisanya bahan Virgin PET.

Selain itu, Danone AQUA juga telah berhasil mengumpulkan 12,000 ton/tahun sampah plastik untuk didaur ulang melalui 6 Recycling Business Unit (RBU) di Jawa dan Bali.

Danone AQUA terus mengembangkan berbagai inisiatif berkolaborasi dengan banyak pihak dalam Gerakan #BijakBerplastik dengan meningkatkan penggunaan 50% materi daur ulang dan 100% produknya dapat didaur ulang, digunakan kembali dan terurai.

Permasalahan terkait dengan limbah plastik sangat kompleks dan tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu solusi. Komitmen bersama menjadi tonggak utamanya juga.

"Setidaknya mulai dari diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya agar sampah plastik yang sudah digunakan dapat diproses lebih lanjut dan tidak berserakan ke mana," pesan mbak Chika.

Tour Plant Danone AQUA Solok

Danone Open Doors AQUA Solok

Setelah ada penjelasan profil company. Sudah saatnya kami semua keliling pabrik. Wah, semuanya sangat antusias untuk segera ke lapangan. Sebelumnya telah mendapat brifing tentang apa yang boleh dan tidak boleh selama di dalam pabrik. Terpenting pake baju safety dulu.

Tiap peserta kegiatan akan dibagi tiga kelompok. Saya ke bagian kelompok satu dan dipandu oleh uni Ochi. Perjalanan dimulai dengan proses pengolahan baku air yang bersumber dari dalam tanah. Jika bicara pengolahan air jadi ingat waktu penelitian saat kuliah deh hehe

Air bersih ini dialirkan area proses pre water treatment yang dimasukan ke dalam tangki, di sini terjadi proses filtrasi. Kemudian kembali dengan proses penyaringan yang berlapis hingga pemurnian air ini dengan proses ozonisasi dan penyinaran UV.

Danone Open Doors AQUA Solok

Semua tahapan ini sangat terjaga kebersihannya dan sangat steril. Petugas yang bekerja di area ini sangat terbatas dan memiliki akses khusus. Hasil proses ini jadi deh air minum. Ets, ini belom selesai masih ada tahap berikutnya.

Usai dari proses water treatment masuk ke tahap kedua, proses produksi. Air minum yang sudah ready ini akan dialirkan menuju filler atau tempat pembuatan kemasan botol yaitu untuk 600 ml dan 1200 ml. Tahap ini dapat melihat langsung air kemasan yang seusai standar atau tidaknya. Semuanya akan otomatis dipisahkan.

Dari tahap ini ada proses capping untuk cek kondisinya. Kemudian akan diberi label dan terakhir proses packing air minum kemasan dengan kertas karton. Siap deh didistribusikan ke pelanggan setianya.

Danone Open Doors AQUA Solok
Danone Open Doors AQUA Solok

Berbeda dengan air isi ulang galon, ada tahapan dari proses water treatment angsung proses pencucian kemasan dengan carian khusus dan distrilkan. Dilanjutkan dengan air kembali diisi, diberi lebel dan kembali penuh air galonnya.

Semua proses produksinya sangat cepat dan secara otomatis dengan bantuan mesin. Petugas akan selalu kontrol setiap prosesnya agar menggurangi risiko kesalahan. Begitulah pembuatan air minum AQUA. Menarik bukan?


 Sekolah Lapangan Kebun Strowbery

Danone Open Doors AQUA Solok

Usai salat Jumat, kami melanjutkan agenda berikutnya ke lokasi penerima CSR melalui program Sekolah Lapangan yakni masyarakat yang budidaya dan mengolah buah stroberi oleh Kelompok Wanita Tani Bougenville.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenal potensi, menyusun rencana usaha, identifikasi dan mengatasi permasalahan, mengambil keputusan san menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumber daya setempat.

Danone Open Doors AQUA Solok
Danone Open Doors AQUA Solok

Bentuk kegiatannya rutin mingguan dengan 16 kali pertemuan, percobaan perlakuan terhadap tanaman stroberi, mengamati pertumbuhan stroberi, membahas isu pertanian, belajar membuat pupuk cair dan kompos padat hingga peningkatan nilai tambah buah stroberi.

Buah storberi ini tidak hanya dijual dengan bentuk utuh saja, tapi ada juga olahan lainnya yang lebih bernilai ekonomis. Ada yang diolah menjadi galamai (dodol), selai agar-agar, wajik hingga yang paling saya suka adalah es krimnya. Semuanya berbahan dari buah stroberi.

Jumat, langit sangat cerah dan mentari juga begitu menghangatkan, meski suasana sekitarnya sejuk. Uhuhuhu... Tidak terasa sudah seharian mengikuti Danone Open Doors Factory Visit banyak hal menarik dan inovasi terbaru yang dibuat oleh Danone AQUA.

Danone Open Doors AQUA Solok

Momennya bikin rindu. Meski sebentar, tapi memberi makna mendalam bagi saya. Senangnya bisa ikut program ini dan berjumpa dengan para influenser plis rekan media dalam satu acara yang kece ini. Menambah pengetahuan, jejaring, dan silaturahmi. Mulai dari pribadi, tetap komitmen untuk menjaga terus lingkungan.

Tetap berkibar dan selamat ulang tahun yang ke seabad ya Danone. Salam lestari!
———————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

28 comments:

  1. Kegiatan yang super berfaedah, senang yaaa Ubay bisa terlibat langsung untuk kegiatan ini...sukses selalu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Dapat banya informasi terlebih tentang pengelolaan sampah plastik dan proses air minum. Alhmdulilah bisa ikut dalam ksempata selebrasi 100 tahun danone di pabril Aqua

      Delete
  2. Sepertinya di beberapa tempat Aqua memang beberapa kali mengundang blogger untuk masuk dan melihat inovasi apa yang mereka lakukan. Menarik kalau bisa tahu ke dalam, dan bisa melihat sedikit dari aktivitas mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manrik sekali, inovasi dan upaya pelestarian terhadap lingkungan menjadi highlightnya #BijakBerplastik ditambah bisa melihat langusng proses produksinya. Ada juga kesempatan belajar di sekolah lapangan untuk budidaya buah stroberi

      Delete
  3. wah suka sih konsep #bijakberplastik semoga aja pada peka terhadap lingkungan dan bukan cuman di bali, tapi di seluruh Indonesia unit pengolaannya. tapi masyarakat juga harus bijak dan sadar lingkungan. semisal tidak membuang sembarangan botol plastik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul dik. Setidaknya kita bisa mulai dnegan tidak buang sampah sembarangan. Makanya harus bijak dan serius soal sampah plastik ini

      Delete
  4. Wah keren sekali keseruan kunjungan ke sini. Liat storynya ditambah lagi ulasan lengkap begini berasa ikut hadir dalam kegiatan edukatif dan eksploratif ini. Inspiring ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih brader. semoga ada iven lain di Jambi. Acaranya edukatif sekali dan memoriable bgt

      Delete
  5. Wahahaha Seru banget bang. Semoga bisa terulang kembali...
    Banyak pengetahuan dan kenalan baru selepas dari sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jejaring terbangun dari kegiatan ini dan akhirnya kita jumpa juga deh

      Delete
  6. Such a fun experience!
    Nggak nyangka di pabrik juga bisa seru seruan hihi

    See you again baaang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul aul akhirnya kita bisa trip bareng dalam satu acara yang keren ya. Semoga ada kesempatan lain di acara Danone lagi

      Delete
  7. Mantul, bang. First time ikut seseruan bareng kakak-kakak dan Abang-abang kece ini. Beberapa juga baru ketemu, hehe. Terima kasih, AQUA sudah mempertemukan kami, and Happy 100th Danone!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul-betul mantul banget hehehe
      Kesempatan bisa jalan bareng memang terbatas kalo gk ada acara semacam ini kita gk jumpa juga apalagi bisa ke pabrik aqua saat merayakan 100 tahun Danone

      Delete
  8. Halo mas, temennya aul yah? Saya lihat ada fotonya aul di situ.

    Seneng dong mas dapet kesempatan factory visit ke Aqua. Saya kebetulan kerja di perusahaan air minum. Jadi tahu gimana air minum diproduksi. Cuman kebetulan perusahaan bos saya saingannya Aqua, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, temannya Aul. Salam kenal ya. Kenal dimana sama Aul?

      Seru dunk bisa berjumpa teman baru, wawasan baru dan bisa liat langsung produksi air minum Aqua. Sama sama brand bedar juga y

      Delete
    2. Perasaan foto gue ngga keliatan banget deh.
      Rada2 di belakang. kecil.
      Berarti dizoom-zoom -_______-

      Ngapain Looo Rizaaaa

      Delete
  9. Ini post ketiga malam ini yang bahas Danone Aqua, dan ketiga kalinya dibikin mupeng sama strawberrynya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhee ia alhmdulilah kk bisa iktu tour plant Pabrik Aqua Solok lagi dan dengan cerita yang berbada. Ia disini seger2 buahnya apalagi olahannya bikin nagih

      Delete
  10. Seseneng itu bisa masuk pabrik itu. HAHAHA. Bisa tiap tahun ga sih ini Bang? HAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya kan bisa masuk kedalam melihat lebih dekat pabrik Aqua. Semoga ada kesempatan lain dengan iven yang berbada za

      Delete
  11. Keren ini bisa singgah ke Pabrik Aqua. Ternyatta di sumbar ada juga y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kesempatan yang baik bisa berkunjung lagi ke Pabrik Aqua Solok

      Delete
  12. Point nya, kegiatanny seru, nambah pengalaman. Btw klo ad acra kya gini lagi, ajak2 lagi. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia momennya sangat baik dan menyenangkan sekali. Semoaga ada ksempatan lain bisa ikut acara dari Danone

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...