Wednesday, August 23, 2017

3 Tempat Pemandian Alam Berwarna Biru di Sumatra Barat


Sumatra Barat ini memilik berbagai macam keunikan alamnya. Mulai dari bentangan alam yang menyejukan mata, kesegaran air terjun disela perbukitan, danau yang indah, gunung yang ekostik dan masih banyak lagi keindahan alam lainnya. Ini yang membuat banyak pengunjung terpicut hatinya ketika melihat panorama alam yang disuguhkannya.

Keindahan alam Sumatra Barat ini memang tidak diragukan lagi, begitu mempesona dan memikat. Dian tara semunya itu terdapat tiga tempat yang menyajikan suasana pemandian alam atau air terjun yang serba biru. Bagi para pencinta warna biru bisa menjadikan tempat ini sebagai daftar untuk menjelajah terutama ke alam.

Menyepi di Pemandian Alam Lubuk Paraku yang Dingin dan Bening Bak Kristal

Lubuak Paraku memiliki kolam pemandian yang berwarna biru

Lubuak Parakau merupakan pemandian alam yang memiliki lubuak (kolam) yang berwarna biru dan sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Berlokasi di aliran sungai Lubuak Parakau, Kelurahan Indrung, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Tempatnya mudah dijumpai. Dari pusat kota sekitar 25 km ke arah timur jalan menuju Kabupaten Solok. 

Pemandian legendaris ini berupa aliran sungai yang selalu ramai dikunjungi kala liburan dan saat Balimau. Tempatnya tidak begitu luas, cukup nyaman dan private apalagi hari-hari biasa. Kolam yang berwarna biru ini menjadi pemikatnya, tidak banyak daerah yang miliki keunikan ini. Suasannya masih asri, airnya sangat jernih dan dinginnya seperti es. Untuk bisa menikmatinya harus membayar tiket masuk Rp.5 ribu per orang dan tidak ada biaya perkir kendaraan. Ingin mecoba kesegarannya?

Bagi para blue lover tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk berpetualang

Lubuak Patamuan, Pemandian Alam Biru Merona di Batu Busuak

Salah satu kolam pemandian alam di Lubuak Patamuan Batu Busuak

Batu Busuak merupakan satu daerah yang berada di Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Lokasinya tidak sulit, akses dan infrastruktur jalan memadai, bisa dilalui kendaraan, sekitar 15 km ke arah timur Kota Padang menuju PLTA Kuranji miliknya PT. Semen Padang. Menuju lokasi harus trakking sekitar 40-60 menit.

Batu Busuak ini memiliki potensi alam yang mempesona. Dikelilingi bukit-bukit yang hijau dengan hamparan sawah yang terlihat sepanjang mata dan sungai yang terdapat kolam-kolam pemandian yang berwarna biru. Bahkan terdapat sejumlah bangunan tua yang bisa ditelusuri. Setidaknya ada 3 tempat yang dapat dijelajah yakni Lubuak Patamuan Batu Busuak, Bendungan Patamuan dan Jembatan Air PLTA Kuranji.

Lubuak Paramuan memiliki spot yang fotogenik
Di sini terdapat banyak kolam-kolam yang berada di aliran sungai. Airnya jernih, cukup dingin dan menyejukan dengan suasana alam yang asri dan sepi sehingga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan kepenatan akibat aktivitas keseharian kita. Tidak ada tiket masuk. Alias free. Serukan?


Air Terjun Sipagogo Sibiru Tersebunyi di Pedalaman Hutan Pasaman Barat


Air Terjun Sipagogo atau Sampuran Lotok Sipagogo merupakan air terjun yang memiliki kolam berwarna biru dan berada di pedalaman hutan Jorong Situak, Nagari Ujuang Gadiang, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Untuk menjelajahi air terjun ini tidak sulit, harus ditempuh 175 km (5 jam) dari Kota Padang dengan kendaraan bermotor atau sekitar 60 km ke arah utara dari Simpang Empat. Kemudian dilanjutkan dengan traking selama 30 menit hingga sampai lokasi air terjun.

Sipagogo sendiri merupakan sebuah gelar yang diberikan kepada seorang jagoan atau tokoh yang konon memiliki kesaktian dan sering bertapa di air terjun ini. Masyarakat setempat sudah mengenalnya sejak dulu ketika mencari rotan dan bahan alam lainya di hutan, tapi belakangan menjadi hits di era media sosial ini. Hal ini karena pesona dan keunikan yang ditawarkannya serta tantangan alam yang menguji kemampuan berpetualang kita di alam bebas.

Kabarnya, air terjun ini memiliki 4 tingkat dan memiliki ketinggian yang bervariasi tiap tingkatannya yang teritnggi lebih dari 10 meter. Ari terjunnya cukup deras dan tinggi. Warna biru yang terlihat di airnya membuat pengunjung akan terhipnotis dengan keindahan alam yang tersembunyi ini. Suasananya pun masih asri, rimbun dikelilingi oleh pepohonan, sejuk, dan menyegarkan. Tertarik mengunjunginya? Ayo ke Pasaman Barat!

***

Sayangnya banyak yang tidak percaya dan sok tahu jika pemandian alam atau air terjun ini memilik warna kolam yang berwarnanya biru. Memang jika belum pernah ke suatu tempat sebaiknya jangan sok tahu. Coba saja datang dan rasakan sendiri sensasinya. Baru berkomentar ya.

Pengunjung harus berhati-hati bila menjelajah di kawasan perairan/sungai. Liat kondisi cuaca dan warna air, karena bisa saja terjadi air bah dengan tiba-tiba apalagi berada di pedalama hutan yang aksesnya sangat terbatas Selalu memperhatikan kondisi cuaca dan alam sekitarnya. Mari temukan sensasi serba biru di Ranah Minang. Selamat berpetualang dan Tetap wasapada.
——————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

6 comments:

  1. Ini foto ga diedit kan? ya ampun kagum banget liat air kolamnya biruuuuuu bangetttt seger liatnya jadi pingin berendem nyebur langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna birunya tidak diedit ini murni biru. Hanya editting crop, menaikan saturasi dan kegelapan. Tempatanya memang keren.

      Seru untuk mandi-mandi dan main air. Seger

      Delete
  2. warna airnya ga di edit uda? waah sungguh menggoda untuk menceburkan diri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna airnya gk ada yang diedit kok mas. Memang segar untuk mandi mandi. Yuk singgah ke mari :)

      Delete
  3. It's really a great and useful piece of information. I'm glad that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing. :)

    Situs Poker Online
    Capsa Susun
    domino qiu qiu

    Line : galaksipoker
    WA : 85595984170
    BBM : DCE952B6

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...