Sunday, March 4, 2018

6 Tempat Ini Menjadi Destinasi Intagrammable di Sumbar

destinasi instagrammable sumbar

Berbicara destinasi wisata di Sumatra Barat, kita tidak perlu ragu lagi, sangat beragam dan mempesona. Percaya saja, setiap sudutnya akan memberikan kenangan yang tak terlupakan. Kepopuleran suatu destinasi wisata akan muncul ketika viral di media sosial, terutama Instagram . Hal ini tidak bisa dipungiri lagi, efeknya sangat luar bisa.

Banyak tempat-tempat tersembungi yang kemudian bersinar, bak mutiara dalam lautan. Kemudian jadi perbincangan dan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Terkadang memberikan penghidupan baru bagi masyarakat setempat. Efek media sosial ini menjadikan tempat-tempat ini sebagai destinasi baru dan umumnya bersifat petualangan yang fotogenik. Saya menyebutnya dengan Destinasi Intagrammable, suatu tempat yang menjadi destinasi wisata yang populer dan hits di Instagram.

Berikut ini tempat-tempatnya:

1. Jembatan Gantung Guguak.

destinasi instagrammable sumbar

Romantisme Jembatan Gantung Guguak yang menjadi penyambungan dua jorong, membentang di atas Ngarai Sianok yang berada tempat di Nagari Guguak, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Jembatan yang dibangun tahun 2016 ini mendadak hits di kalangan pengguna Instagram di Sumatra Barat. Tentunya, karena tempatnya kece untuk berfoto.

Keberadaan lembah yang tingginya sekitar 150 m hingga dasarnya ini, memisahkan dua jorong yaitu Guguak Tinggi dan Guguak Rendah membentang dengan panjang jembatan 125 m. Jembatan ini memiliki pesonanya tersendiri dengan romansa yang indah. Apalagi bila pagi kabut yang menyelimuti kawasan ini menjadi objek menarik untuk diabadikan. Kini, Jembatan Gantung Guguak ini menjadi destinasi intagrammable. Menarik bukan?

2. Hutan Mangrove Apar.

Kota Pariman yang berada di pesisir pantai ini memiliki kawasan Hutan Mangrove yang masih di area Konservasi Penyu, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara. Semula tempat ini tumbuh alami begitu saja, kemudian disulap menjadi destinasi wisata baru yang dilengkapi dengan jalur pejalan kaki. Tempat ini dibangun oleh dana CSR Depot Pengisian Pesawat Udara Minangkabau PT Pertamina sepanjang 50 m dengan lebar 1,5 m sejak Desember 2017. 

Kota Pariman memiliki kawasan Hutan Mangrove sekitar 1,5 ha di Desa Apar dan Desa Manggung. Dengan adanya jalur ini dapat memudahkan pengunjung untuk melintas di antara hutan mangrove yang menarik menjadi objek foto ini. Meski belum sepenuhnya selesai, tempat ini sudah viral dan menjadi destinasi intagrammable. Tidak ada salahnya liburan sambil belajar di Hutan Mangrove Apar Pariaman. Ayo coba!

3. Pohon Jomblo Harau.

destinasi instagrammable sumbar

Keindahan Lembah Harau yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluhkota ini tidak diragukan lagi. Banyak spot fotogenik yang menarik untuk dikunjungi, menjadikan tempat ini sebagai destinasi instagrammable. Ada satu tempat yang menarik di Lembah Harau ini, yaitu pohon kering dengan latar gedung beratap gonjong khas Minangkabau disisi kiri kanannya. 

Tempat ini viral di Instagram sejak tahun 2017, seolah berada di Korea atau Eropa. Nuansa ala-ala ini tercipta dan menarik para pengunjung untuk berdatangan ke tempat ini. Terlebih, bila hasil fotonya dengan sentuhan olah gambar dapat menambah ciamik nuansa ala-alanya.

Sebenarnya tempat ini masih berada di kawasan Pondok Pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh yang berada di Lembah Harau. Tepat dibelakang asramanya. Tidak ada tiket masuk kecuali ketika awal masuk di gerbang kawasan Lembah Harau. Hanya membayar parkir kendaraan saja. Ini lah salah satu wajah dari Lembah Harau yang memiliki rupa yang berbeda tiap sudutnya. Wajar bila Lembah Harau disebut destinasi sejuta wajah yang instagrammable.

4. Panorama Tabek Patah.

Tabek Patah merupakan sebuat tempat wisata yang menyajikan panorama alam dengan hamparan persawahan yang hijau dan landskap perbukitan yang menyejukan mata. Memiliki hawa sejuk ala pegunungan karena berada di pinggang Gunung Marapi dan dikelilingi pepohonan pinus yang menjulang tinggi. 

Panorama Tabek Patah ini berlokasi di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Sebenarnya, tempat ini sudah lama dikenal, tapi mendadak populer kembali setelah viral di Instagram akhir tahun 2017. Nama tempat ini, menurut ceritanya, dulu ada sebuah kolam yang patah, sehingga kolam tersebut terbagi jadi dua bagian yaitu Talago Pakis di bagian utara dan Aie Taganang di bagian selatan. Bila cuaca cerah kedua tempat ini akan terlihat dari sini. 

Selain menyajikan pemandangan alam, di sini juga terdapat spot berfoto yang menarik untuk dicoba, mulai dengan rumah pohon bukit keputusan, pohon cinta dan pohon Bintang serta terdapat spot karpet terbang yang instagenik. Yuk ke Tabek Patah!

5. Panorama Tabiang Takuruang dari Ngarai Sianok.

destinasi instagrammable sumbar

Keberadaan Tabiang Takuruang di kawasan Lembah Sianok antara Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam ini menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati keindahannya. Tebing ini memiliki pesona yang menawan dengan suasananya yang dapat memukau siapa saja. Tidak salah, zaman kolonial dulu keberadaan tebing ini di dokumentasikan oleh fotografer di era itu.

Banyak spot menarik untuk menangkap keindahannya Ngarai Sianok salah satunya dari Nagari Koto Gadang (via Taruko), Kecamatan VI Koto, Kabupaten Agam. Dari sini ini panorama Tabiang Takurung ditangkap. Saat ini viral di Instagram sejak tahun 2017 dan menjadikan tempat ini sebagai destinasi intagrammable.

destinasi instagrammable sumbar

Ngarai Sianok yang menjulang tinggi. Kabut pagi yang menyelimuti dan awan yang bergerak rendah sekitar tempat ini menjadi daya magis yang tak terungkapkan. Panorama alamnya ini menjadi nilai jual dari sebuah kafe yang berada di bawahnya. Kafe ini juga hits dikalangan pengguna Instagram. Igers semuanya sudah ke sini?

6. Puncak Aur Sarumpun

destinasi instagrammable sumbar

Aur Sarumpun menjadi salah satu tempat untuk menikmati landskap Danau Singkarak yang luas dengan rumput ilalang yang tumbuh subur atas perbukitan menciptakan suasana yang berbeda. Di tambah angin sepoy-sepoy membuat tempat ini seolah-oleh menjadi lukisan alam yang indah tiada duanya. Puncak Aur Sarumpun ini berada di di Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan, kabupaten Tanah Datar. Sekitar 2,5-3 jam dari Kota Padang. 

Puncak ini tidak jauh dari simpang Ombilin menuju kota Batusangkar. Dapat dilalui dengan kendaraan roda dua melintasi perbukitan dengan pemandangan alam yang mempesona. Tempat ini selalu tayang di Instagram dan cukup hits sejak tahun 2017, membuat rasa penasaran para Igers. Berburu foto sembari menikmati suasana alam menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke tempat ini. Puncak Aur Sarumpun salah satu destinasi instagrammable yang menarik.

***
 Instagram tidak hanya menjadi wadah dalam menunjukan hasil karya foto, tapi sudah menjadi genre berwisata baru bagi generasi millennia dalam memenuhi inginnya untuk eksis dan agar hits. Efeknya memberi dampak bagi tempat-tempat yang menjadi viral. Dari sekian banyak tempat wisata baru, enam tempat ini cukup eksis berseliweran di timline dan di repost oleh berbagai akun wisata di Sumatra Barat dan nasional. 
——————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

4 comments:

  1. Kayaknya paling instagramable kalau naik langsung ke bukit takuruang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha GK bisa mas. Karena tidak ada jalan. Kalo naik bisa rubuh tebingnya

      Delete
  2. paling suka tabiang takuruang.. itu spot fotonya di tempat yang banyak gardu pandangnya itu bukan ya bay??

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sama da. Tapi sekarang dah gk alamai n byk semak2nya. Gardu pandang gmn da?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...