Saturday, January 19, 2019

Puncak Mandeh Panorama Pesisir Pantai Nan Menawan Bak Raja Ampat


Puncak Mandeh menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para pelancong saat berlibur ke Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Tempat ini sebenarnya berada di salah satu sudut bukit jalan lingkar Sungai Pisang-Tarusan yang menyajikan view alam yang kece.

Perlahan dan pasti, lembayung senja semakin menampakan warnanya. Saya bersama Redho bergegas menuju Puncak Mandeh. Tentunya untuk melihat matahari terbenam. Disebut-sebut dari bukit ini dapat melihat sunset yang menawan. 


Wah jalan menuju Puncak Mandeh mulus dan terlihat aspalnya masih baru. Tidak sulit untuk sampai ke Puncak Mandeh. Meski menanjak dan berkelok. Dari gerbang Mandeh sekitar 3 km, hanya mengikuti jalan utama menuju pelabuhan Carocok Tarusan. 

Lurus terus hingga sampai pertigaan, jika lurus ke pelabuhan, jalannya masih kecil. Kemudian bila belok ke kanan akan menuju Puncak Mandeh. Menariknya, selain dari gerbang Mandeh dapat juga ditempuh via jalan lingkar Sungai Pisang-Tarusan. 

"Parkir di mana kita?” tanya saya. 

“Langung masuk saja bang nanti ada tempat parkirnya kok.” jawabnya Redho. 

Saat itu lumayan ramai pengunjung yang datang. Mata saya pun langsung tertuju ke sudut tempat ini. Melihat panorama alam secara bebas. Suasananya tenang dan tidak bising. Inilah Puncak Mandeh. Wow.


Puncak ini menawarkan landskap alam yang mendamaikan. Sebabnya langit biru dengan barisan awan yang membumbung tinggi akan memantu ke air laut, seolah terkurung menyerupai danau yang dipagari oleh perbuktitan. 

Melihat ke kiri dan ke kanan sama-sama mempesona. Sudut sebelah kiri terlihat Pelabuhan Carocok Tarusan yang menjadi titik mula para wisatawan yang ini menjelajahi bahari dan underwater Mandeh.

Sedangkan sudut kanan terlihat deretan hutan mangrove dan ada bangunan dengan atap berwarna hitam. Tempat ini merupakan rest area Sungai Gemuruh. Ada gazebo dan mushala.


Jika diluruskan pandangan kedepan terdapat perbukitan dan pulau-pulau yang seolah-olah menjadi pagar bagi daerah ini. Dari Puncak Mandeh terlihat gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil, serta Pulau Cubadak dengan warna warni gradasi air lautnya yang mempercantik suasana dari tempat ini.

Bila petang tiba, dari puncak ini dapat menyaksikan sunset. Posisinya tepat di depan mata bila kita tegak dari puncak ini. Itupun jika beruntung. Tergantung cuacanya. 

Jika siang dan cuaca cerah. Lautan dan langit yang biru bersama hijaunya bukit menjadi lukisan yang ciamik untuk diabadikan kamera. Perlu diingat loh, dari puncak ini cukup terik bisa membuat kulit hitam, meskipun sejuk ada pohon yang rindang. So harap lindungi kulitnya. 

“Bang, Mau duduk atau pesan minum gak?” celetuknya Redho yang membuyarkan lamunan saya. 


Haus atau lapar? Tenang saja, di Puncak Mandeh ini terdapat sejumlah warung yang menjajakan makanan dan minuman. Penunjung juga dapat duduk bersantai di kursi plastik warna warni yang telah disediakan, sembari minum es kelapa muda dan mie rebus misalnya.

Tersedia tempat parkir yang representatif dan tolilet. Tidak ada tiket masuk. Cuma parkir dan bayar makanan serta minum. Itupun jika memesan.


Saya sudah menikmati dua suasana di Puncak Mandeh ini ketika matahari sedang terik-teriknya dan menjelang matahari terbenam. Puncak Mandeh memberi warna bagi Kabupaten Pesisir Selatan. Menyajikan sensasi pemandangan alam yang berbeda.

Puncak Mandeh ini memiliki daya tarik sendiri. Bila tidak sempat untuk jelajah pulau dapat datang ke sini. Para pejabat negara pun sudah berulang kali ke sini. Kabarnya view-nya ini mirip, sekali lagi mirip loh dengan Raja Ampat. Katanya Raja Ampat Minang. Ah bisa saja. Hehee
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

22 comments:

  1. Wah sore hari suasana lautnya tetap tenang.. kalau di NTT mau dapet laut tenang paling aman pas pagi hari karena siang dikit sampai sore jarang airnya tenang seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, kondisi lautannya memang tenang, soalnya berada di teluk. jadi ombaknya tidak terlalu besar.

      Delete
  2. Eloknya, pasti segar udaranya ya. Sore atau pagi pasti tambah syahdu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udaranya sepoy sepoy tapi jika terik very hot Uni.
      Klo sore syahdu banget apalagi sambil menunggu senja

      Delete
  3. Saya kira ini tadi danau dan ada pulau-pulau di tengahnya lho. Tenang banget suasananya. Baru tahu ada tempat ini di sumbar.


    www.dindahnurma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang akan berpikir begitu Uni. Namun, ini sebuah teluk seolah seperti danau laut. Airnya tenang dan tidak begitu besar ombaknya. Ia ini di Sumbar tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan

      Delete
  4. Cakepnya yaa.. tempatnya.. bener2 kayak Raka Ampat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mirip Raja Ampat. Viewnya memukau sekali dan adem Uni.

      Delete
  5. Wah... Indah sekali... Pesona bentang alam yang menakjubkan. Melihat keindahan dari ketinggian membuat segar badan dan pikiran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia untuk menenangkan diri asik juga uni. Landskap nya kece

      Delete
  6. Wah nggak perlu jauh jauh ke raja ampat berarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe lain rasanya uni. Mandeh lain pula pesonanya

      Delete
  7. Mantap gitu pemandangannya, nyore disana kayaknya joss banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mantap bgt. Kalo sore luar biasa panoramanya

      Delete
  8. Duh cantiknya Puncak Mandeh. Semoga suatu saat saya bisa piknik ke sana yaaa. Amin. Makasih kakak infonya, lumayan bisa nambah referensi liburan 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe siap Uni. Moga dapat menjadi referensi untuk berlibur

      Delete
  9. Sudah lama tak ke Puncak Mandeh. Pendakian sudah beraspal belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang jalannya sudah mulus. Asik sekali uni

      Delete
  10. Wah wah jadi pengen lagi ke Mandeh, tapi simpan di bucket list dulu dah. Makasii udah share bro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo uni ke Ranah Minang. Ia gpp liat liat aja dulu dan masuk list tujuan wisata selanjutnya

      Delete
  11. Cantiknya...semoga kelak ada rezeki berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin uni. Semoga bisa ke sini dan menikmati suasana tempat ini. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...