Wednesday, August 22, 2018

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Padang Heritage dan Kota Tua Padang


Padang Heritage merupakan komunitas yang lahir untuk menjadi wadah dalam mengenal lebih dekat cagar budaya di Kota Padang serta menumbuhkan semangat dan kepedulian untuk pelestarian cagar budaya, terutama banguan tua di Kota Padang. 

Padang Heritage telah berdiri sejak 22 Maret 2016 digagas oleh Bayu Haryanto. Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan hari air sedunia, agar kelaknya Padang Heritage terus eksis mengikuti perkembangan zaman dan tak lekang oleh waktu.

Lanskap Kota Tua Padang dari Jembatan Siti Nurbaya
Latar belakangnya sederhana, karena tertarik dengan foto bangunan tua. Rugi rasanya bila tidak mengabadikan dan apalagi menulisnya. Literatur yang mengulik tentang Kota Tua Padang tidak banyak, begitu juga yang mengkajinya untuk menjadi objek penelitiannya. 

Lahirnya Padang Heritage ini terkait juga dengan perhatian dan tidak banyak masyarakat terutama bagi generasi muda yang menyukai hal-hal yang sifatnya kekunoan. Mulai dari sejarahnya, bangunannya hingga yang lebih kompleks lagi kehidupan masyarakat dalam lintas generasinya.

Padang Heritage Walk Mini bersmaa Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP
Aktivitas pertama mulai pada 5 Januari 2017 dengan posting foto di akun Instagram @padangheritage. Kemudian pada 8 Januari 2017 menggelar kegiatan pertama yaitu Padang Heritage Walk. 

Padang Heritage memiliki visi menjadi media informasi, sarana edukasi dan gerakan pelestarian warisan cagar budaya di Kota Padang. Kemudian misinya pertama, menyebarluaskan informasi warisan cagar budaya di Kota Padang. Kedua, melaksanakan kegiatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya pelestarian warisan cagar budaya di Kota Padang.

Padang Heritage tagline “Mengenal Lebih Dekat Kota Tua Padang, karena Menjelajah Tak Melulu ke Alam”.

Padang Heritage Jelajahi Tempo Dulu dan Berbagi di Dunia Kaya

Padang Heritage Walk goes to Gunuang Padang
Pogram Padang Heritage bersifat online dan offline. Kegiatan online-nya berupa pubikasi melalui akun Instagram Padang Heritage yang menjadi sarana promosi dan edukasi bagi masyarakat dalam mencari informasi cagar budaya di Kota Padang dan sekitarnya.

Kemudian rencana pembuatan website yang berisi informasi seputar sejarah dan kebudayaan Kota Padang, aktivitas, dan program Padang Heritage.

Padang Heritage, Explore dan Edukasi

Padang Heritage Explore Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan
Kegiatan Offline-nya, pertama Padang Heritage Walk, merupakan program wajib dari Padang Heritage yang merupakan perpaduan dari kegiatan wisata dan edukasi dengan menjelajah beberapa tempat cagar budaya di Kota Padang yang dipandu oleh seorang guide. Formatnya jalan-jalan sembari belajar, mendata, mendokumetasikan, dan bercerita. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin sebulan sekali. 

Padang Heritage Walk Mini bersama MNC TV

Kedua, Padang Heritage Walk Mini, merupakan kegiatan yang menyerupai Padang Heritage Walk, tapi dengan skala keci dan waktu pelaksanaannya bersifat aksidentil. Biasanya permintaan khusus untuk survei, pendataan, peliputan dan lainnya.

Padang Heritage Explore Lubuk Minturun
Ketiga, Padang Heritage Explore, merupakan kegiatan yang mengekplorasi tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Padang. Biasanya melakukan survai, pendataan, dokumentasi, videografi dan lainnya. Kegiatan ini untuk menjadi bahan rute Padang Heritage Walk/Mini. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin sebulan empat kali. 

Kempat, Padang Heritage goes to School, merupakan kegiatan yang mengedukasi pelajar dengan memperkenalkan sejarah Kota Padang sehingga tercipta kepedulian untuk menjaga bangunan tua dan bersejarah di Kota Padang. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin satu tahun dua kali.

Padang Heritage Sharing goes to Panti Asuhan Ridho Rahmat
Kelima, Padang Heritage Sharing, merupakan kegiatan mengedukasi masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan workshop, seminar, diskusi lepas, bedah buku seputar pelestarian cagar budaya di Kota Padang dengan mendatangkan pakar hingga kegiatan bakti sosial.

Kegiatannya baik diselenggarakan oleh Padang Heritage atau kolaborasi. Pelaksanaan kegiatannya sebisa mungkin satu tahun dua kali.

Komunitas Padang Heritage juga aktif terlibat dalam kegiatan yang berbau cagar budaya dan kepariwisataan. Mulai diskusi, aksi bersih sungai hingga terlibat dalam membangun wisata edukasi.

Kota Tua Padang dan Jejak yang Terlupakan.


Kota Tua Padang merupakan jejak peradaban yang dibangun dari keberagaman tempo dulu. Keberadaannya masih saja luput dari perhatian. Lihat saja di kawasan inti kota tua ini. Tidak ada yang begitu berubah. Memang kian tua dan seolah-olah tidak berdenyut.

Padahal, Kota Padang ini telah bergabung ke dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia. Beruntungnya juga sudah ada 74 bangunan cagar budaya di Kota Padang yang telah ditetapkan berdasarkan SK Walikota Padang Nomor 03 Tahun 1998. Sayangnya, sebagaian dari cagar budaya tersebut dalam kondisi yang kurang baik.


Jika didata ulang akan banyak lagi bangunan dan situs bersejarah lainnya di Kota Padang ini. Menunjukan kota ini lahir dari keberagaman. Umumnya cagar budaya yang dimiliki berupa bangunan dan hampir tersebar ke berbagai penjuru kota. 

Melihat potensi ini menjadi dasar rute kegiatan Padang Heritage Walk dan Padang Heritage Explore. Setidaknya terdapat 21 kawasan yang dengan 30 rute yang sudah dipetakan. Semuanya ini belum dijelajahi. Bagaimanapun juga Kota Tua Padang dan situs bersejarah lainnya selalu memikat untuk ditelusuri meski jejaknya secara perlahan akan menghilang. 

Semoga dengan hadirnya Komunitas Padang Heritage ini dapat menjadi bagian dalam upaya memperkenalkan dan menyelamatkan potongan-potongan kisah lampau yang akan dirajut dalam tiap kegiatannya. Mari mengenal lebih dekat Komunitas Padang Heritage dan jelajahi Kota Tua Padang.
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

4 comments:

  1. nice to see this community grows bigger.. good job uda Bayu.. Semoga bisa semakin menginspirasi.. kalau ada kesempatan ikutan Padang Heritage Walk lagi ah, masih banyak lokasi yang belum kutahu hehe..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap siap bg. Thanks untuk support nya untuk Padang Heritage.

      Next time explor bareng lah bg.

      Delete
  2. Komunitasnya keren bangat, kegiatannya juga menambah wawasan dan tentunya promosi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih mas. Alhamdulillah dengan berbagai kita dapat mengenalkan ynya tidak tahu jadi tahu.

      Yuk mari keliling kota tua Padang

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...