Saturday, October 27, 2018

5 Pemandian Alam yang Menyajikan Spot Foto Underwater di Minangkabau


Sumatra Barat kaya akan pemandian alamnya. Sangat alami, jernih dan menyegarkan. Ada yang sudah terkenal sejak zaman kolonial, ada juga yang memang baru hits di era para pengguna Instagram. Saat ini, menikmati keindahan dalam air pun menjadi trend tersendiri dan banyak diabadikan oleh masyarakat.


Foto underwater di pemandian alam pun banyak berseliweran di timeline hingga menjadi bahan pemberitaan media. Di Sumatra Barat pun terdapat beberapa tempat yang bisa direkomendasikan menjadi spot foto underwater.


1. Pemandian Mato Aie Paninggahan, Menyegarkan dan Tidak Banyak Tahu.



Jalan-jalan ke Kabupaten Solok jangan lupa untuk bermain air ke Pemandian Mato Aia. Tempat ini merupakan objek wisata pemandian alam yang terletak di Jorong Koto Baru Tambak, Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Dulu tempat ini bernama Pemandian Ulu Aie. Lokasinya terletak di dataran tinggi. Berhawa sejuk dikelilingi oleh perbukitan dengan panorama alam yang cantik. Dari kejauhan  akan terlihat Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.


Mata air dari pemandian ini menjadi sumber kehidupan dan perekonomian masyarakat setempat terutama sektor pertanian dan perkebunan. Pemandian ini belum begitu terkenal, tapi berpotensi menjadi destinasi wisata alternatif di Kabupaten Solok.

Di sini terdapat 3 kolam yang cukup luas yang dalamnya hingga 3 meter. Di dasarnya banyak ditumbuhi tanaman air atau semacam alga. Airnya dingin dan jernih sekali.bUntukbspot foto underwater sangat recommended sekali.

Tiket Masuk:  -
Parkir Kendaraan: Rp. 3000,- (Motor) 

2. Pemandian Alam Lubuak Bonta, Jernih dan Menarik



Lubuak Bonta atau Lubuk Bonta salah satu dari 6 destinasi unggulan di Kabupaten Padang Pariaman. Pemandian alam yang memiliki air terjun ini terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

Lubuak Bonta memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik dari air terjun lainnya. Akses jalannya tidak sulit dapat dilalui oleh kendaraan motor dan mobil. Memiliki kolam yang berwarna biru kehijauan dengan lubuak yang bervariasi dari 20 cm hingga 5 meter.


Pemandian legendaris ini sudah dikenal lama memiliki air jernih dan dingin. Namun, belum begitu optimal dikelola. Seperti di Pemandian Alam Mato Aie Paninggahan, di sini juga banyak tanaman air atau ganggang yang tumbuh subur di sekelilingnya. Bahkan terlihat juga mata air di kolamnya. Pengunjung dapat bermain air dan berenang. Menariknya Lubuk Bonta salah satu spot rekomendasi untuk mencoba foto underwater. Yuk coba!

Tiket Masuk:  -
Parkir Kendaraan: Rp. 5000,- (Motor)

Baca: Lubuak Bonta, Pemandian Alam Bening dan Melegenda di Ranah Minang

3. Pemandian Tirta Alami, Tempat Rekreasi Favorit Keluarga



Pemandian Tirta Alami Malibo Anai merupakan pemandian alam yang sangat populer di Ranah Minang. Menjadi salah satu desitnasi wisata yang ramai dikunjungi bila musim liburan. Pemandian alam yang bernuansa alami ini bersumber dari mata air Gunung Tandikek. Airnya jernih, dingin dan menyegarkan.

Berlokasi di jalan lintas Padang - Bukittinggi No.60 Nagari Guguak, 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau dan Kota Padang Panjang.




Pemandian alam ini cocok untuk wisata keluarga. Terdapat banyak kolam dengan berbagai macam kedalamnya. Mulai dari 30 cm hingga 3 meter. Tidak jauh dari pemandian ini terdapat juga penginapan, lapangan golf, lokasi kemping hingga ada area bermain flying fox.

Bagi yang ingin foto underwater dapat mencobanya di pemandian ini. Namun disarankan datang ketika tidak hari libur agar mendapatkan gambar yang ciamik. Hehee

Tiket Masuk: Rp. 10000,- (dewasa) dan Rp.5000,- (anak-anak)
Parkir Kendaraan: Rp. 3000,-

4. Pemandian Alam Lubuak Mata Kucing, Geliat Sang Legendaris.


Kota Padang Panjang mempunyai pemandian alam yang sudah lama kesohor dan nyaris menjadi kenangan karena kurang dilirik masyarakat. Namanya Pemandian Alan Lubuk Mata Kucing. Padahal tempat ini dibangun era kolonial sejak tahun 1918. Dinamakan Mata Kucing, karena memiliki air yang jernih dan berwarna biru menyerupai mata kucing jika dilihat dari ketinggian.

Pemandian ini menjadi salah satu destinasi unggulan kota yang memiliki sumber mata air dari Gunung Singgalang yang diapit oleh Bukit Surungan dan Sungai Batang Anai. Tentunya tempat ini sangat alami dan menyegarkan. Ditambah suasana daerahnya sangat sejuk. Brrrrr

Lubuak Mata Kucing ini berlokasi di Kelurahan Pasa Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Terdapat ini terdiri dari kolam pemandian alamai dan kolam berenang yang modern. Bahkan terdapat jadwal khusus untuk pemandian perempuan setiap Rabu dan Jumat.

Pemandian Alam Lubuak Mata Kucing ini menjadi sarana rekreasi yang murah meriah yang dapat dikunjungi oleh semua kalangan terutama bagi keluarga Karena kejernihannya tempat ini juga dapat menajadi spot foto underwater di Minangkabau.

Tiket Masuk: Rp. 5000,- (dewasa) dan Rp. 3000,- (Anak-anak)
Parkir Kendaraan: - 

5. Pemandian Alam Batang Tabik, Kolam dengan Sejuta Ikan



Batang Tabik merupakan pemandian alam yang telah kesohor sejak zaman Kolonial Hindia Belanda. Memiliki sumber mata air yang berasal dari Pegunungan Sago. Kabarnya juga mata airnya ini berasal dari Danau Singkarak. 

Berlokasi di Jorong Batang Tabik, Nagari Kamuyang, Kabupaten Limapuluhkota. Sekitar 20 menit berkendara dari Kota Payakumbuh.

Dalam perjalanannya tempat ini menjadi sumber air bersih PDAM setempat dan objek wisata legendaris yang menarik untuk dikunjungi. Kesegaran airnya yang masih alami, jernih dan banyak ikannya menjadi daya tarik tersendiri.

Pengunjung dapat menikmati dua kolam yang tersedia yakni, kolam asli dengan sumber mata air dan kolam berenang. Hal menarik lainnya dapat mencoba foto underwater yang ditemani ikan-ikan serta bisa ditambah atribut lainnya sebagai pemanisnya agar terlihat instagrammble.

Tiket Masuk: Rp. 8000,- (dewasa) dan Rp. 5000,- (Anak-anak)
Parkir Kendaraan: Rp. 2000,-

***

Sekiranya, itulah spot foto underwater yang dapat dicoba bagi para petualang yang hobi bermain air serta mengoleksi foto underwater. Jika ada tempat lainnya yang belum tersebut dapat ditulis di komentar ya. Selamat berpetualang.

————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

1 comment:

  1. RAKSASAPKR.NET - BANDAR DOMINO99 | AGEN BANDARQ | AGEN POKER | DOMINO ONLINE | AGEN DOMINO Raksasapkr.net Agen Bandarq & Agen Domino99 Terpercaya Indonesia RaksasaPoker Yang memberikan Pelayanan Terbaik dan mempunyai Server Yang Berkualitas Di Dalam Permainan Asli tanpa Robot .Agen Poker Dengan permainan BandarQ Yang Real Money / Uang Asli Di sini Tepatnya Anda Memilih Silakan Bergabung Bersama Kami Di Raksasapoker.net Domino99 Di Jamin Permainanya Seperti Asli Tanpa Jauh Harus Ke Luar negri Tidak Ada Robot 100% Player VS Player Minimal Deposit Rp 20.000 Minimal Withdraw Rp. 20.000 Dan Bahwa Pulang Jacpot Jutaan Rupiah Menyediakan 7 Permainan 1 User ID ; BandarQ , Domino99 ,Capsun , Sakong , Bandar Poker , Poker,AduQ Dan Banyak Bawa Pulang Kemenangan Jackpot Puluhan Juta Rupiah RaksasaPoker.net Menyediakan 7 Game Dalam 1 User ID Langsung Daftar Sekarang Juga ! (+) Bonus Rollingan(Mingguan) 0.3% (+) Bonus Refferal 20% RAKSASAPOKER Menyediakan Support Bank Local ; - BCA - BRI - BNI - MANDIRI - Danamon - CIMB Dan CS Yang Ramah & Cantik Akan Melayani Anda 24Jam Nonstop Untuk Informasi Lebih Lengkap Mengenai Daftar langsung Hubungi Kami (+) LiveChat : RaksasaPoker (Online 24jam) (+) BBM : 5C5634BB (+) Skype : RaksasaPoker Mau Jadi Bandar Disini Tempatnya ! http://defense-studies.blogspot.coma

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...