Friday, July 16, 2021

Asiknya Bermalam di Bamboosa Guest House Bukittinggi

Bamboosa Guest House Bukittinggi

Terkadang ketika berpergian ke luar kota tidak sempat untuk balik, maka salah satu pilihannya akan memilih untuk mencari penginapan. Setiap kali jalan-jalan ke Bukittinggi pasti akan memilih untuk tidak bermalam.

Pasalnya jarak tempuh dari Padang ke Bukittinggi tidak memakan banyak waktu yang banyak dan suka bingung juga memilih penginapanannya, ujungnya pulang saja lagi. Kalau pun bermalam di Bukittinggi pastinya sedang ada kegiatan. 

Sudah lama membuat rencana untuk menginap di Bukittinggi. Sebenarnya bisa-bisa saja, cuma ada hal lainnya yang menyebabkan batal. Bukittinggi salah satu kota di Sumatra Barat yang menjadi tujuan para pelancong untuk menghabiskan waktu liburannya. Termasuk kota favorit yang tidak bosan-boasannya saya kunjungi. Jika dihitung-hitung mungkin mendekati angka 100 kali.

Bamboosa Guest House Bukittinggi

Pada akhir pekan tempo itu, saya berkesempatan untuk menikmati Bukittinggi selama 24 full. Ada banyak tempat yang belum saya kunjungi dan ingin diulang untuk didatangi. Bukittinggi itu mengesankan sekali, kota bersejarah yang terkadang terlupakan oleh bangsa sendiri, eh.

Ya, jika dihitung mungkin ada banyak penginapan di Bukittinggi ini, mulai dari guest house, wisma, hotel hingga resort. Pada moment padat seperti hari libur atau akhir pekan akan sulit untuk mencari penginapan saking ramainya diserbu oleh pengunjung.

Bamboosa Guest House adalah penginapan yang saya coba untuk bermalam saat di Bukittinggi. Setelah mengikmati petang di Jam Gadang, saya pun langsung pergi ke penginapan. Jika dilihat dari peta digital lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan mudah diakses berbagai kendaraan. Sekitar 5-10 menit dari Jam Gadang.

Bamboosa Guest House BukittinggiBamboosa Guest House Bukittinggi

Bamboosa Guest House ini tepatnya beralamat di Jalan Prof. Bahder Johan No.38, Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sudah terindeks dan ada ulasannya di Google Maps. Bisa juga cek review-nya pada situs tripadvisor.com.

Saat itu saya menggunakan kendaraan bermotor biar lebih mudah berhenti dan singgah ke berbagai tempat selama perjalanan dari Padang ke Bukittinggi. Sesampainya di penginapan saya langsung berjumpa teman dan sempat untuk berbincang-bincang sejenak.

Bamboosa Guest House BukittinggiBamboosa Guest House BukittinggiBamboosa Guest House Bukittinggi

Dari tampilannya sangat homie dan asri sekali, para pencinta tanaman akan suka sekali melihat suasana rumah seperti ini. Terlebih tempat ini asalnya menggunakan rumah tinggal yang diubah fungsinya untuk penginapan. 

Terdapat tiga area di penginapan ini, pertama kantor pengelola yang posisinya paling muka, kedua rumah pertama yang terdiri dari 6 kamar posisinya bersebelahan dengan kantor. Terakhir bagian ketiga rumah kedua yang terdiri dari 7 kamar, posisinya lebih tinggi dari kantor dan rumah pertama. 

Menikmati Suasana Bamboosa Guest House Bukittinggi

Bamboosa Guest House Bukittinggi

Saya mendapatkan kamar nomor satu di bagian rumah kedua. Dari depan penginapan langsung disambut dengan berbagai tanaman yang beragam jenisnya. Melewati area makan dan dapur yang bisa digunakan secara bersama. Kemudian berjalan menaiki beberapa anak tangga hingga bertemu dengan rumah kedua. 

Sebelum masuk kedalam rumah saya sedikit explore area ini terdapat halaman yang penuh dengan tanaman hias dan ada buah naganya juga. Jika beruntung ketika musimnya bisa dicicipi langsung. Di halamannya bisa ada tempat parkirnya bisa untuk dua mobil.

Bamboosa Guest House BukittinggiBamboosa Guest House Bukittinggi

Masuk ke dalam penginapan sudah seperti rumah sendiri, langsung disambut dengan kursi tamu dan beberapa lemari pajangan. Saya pun langsung membuka pintu kamar dan mengidupkan lampu. Terlihat lansung kasur single yang besar, lemari yang menyatu dengan dinding, khas rumah-rumah lama. Ada televisi flat dan meja untuk menyimpan barang. Oya kamarnya no somking ya.

Untuk kamar mandinya ada di dalam kamar dan bersih dengan tipe kamar mandi basah. Untuk fasilitasnya ada air panas dan air dingin berupa shower, ada kerannya, menggunakan kloset duduk. Untuk tempat penyimpanan alat mandi tersedia, sabun dan shampo sudah stand by di dinding dan terakhir handuknya ready.

Bamboosa Guest House BukittinggiBamboosa Guest House Bukittinggi

Suasana kamarnya cukup nyaman untuk sekelas guest house. Tidak akan bosan juga karena ada wifi dan televisinya meski tidak begitu lengkap siarannya tapi sudah sangat baik ini. Lagi pula saya menginap untuk tidur sejenak saja di Bukittinggi bukan untuk staycation hehe 

Ada yang terlupa meski berupa fan, tidak pendingin ruangan (AC). Menginap di Bukittingi ini sebenarnya tanpa fan atau AC sudah dingin sekali . Ketika menginap saya matikan itu fan-nya abisnya suasannya sudah dingin juga.

Pokoknya termasuk lengkap untuk fasilitas, apalagi pelayanannya. Mengingat besok pagi saya ingin hunting ke beberapa di kota jadi saya harus segera beristirahat.

Sarapan di Bamboosa Guest House Bukittinggi

Bamboosa Guest House Bukittinggi

Pagi pun tiba, hampir saja saya kesiangan. Tadinya saya ingin menikmati suasana pagi di Bukittinggi. Untungnya masih bisa. Saya pun segera keluar penginapan dan berkeliling kota. Mulai dari Jam Gadang, ke Pasa Bawah hingga Pacuan Kuda Bukit Ambacang.

Setelah berkeliling saya pun kembali ke penginapan untuk mencoba mencicipi sarapan paginya. Di Bamboosa Guest House tersedia juga sarapan. Menunya beda-beda tiap harinya, ada nasi goreng dan lontong khas Minangkabau. Untuk minumannya ada teh dan kopi yang bisa dinikmati sepanjang hari.

Bamboosa Guest House BukittinggiBamboosa Guest House Bukittinggi

Saya pun mencoba sarapan lontongnya, untuk taste-nya enak sekali. Jarang-jarang saya suka makan lontong dengan sayur gulai cubadak (nangka muda). Kopi pun saya seduh untuk menemani sarapan pagi. Matahari yang beranjak meninggi cukup terasa di area tempat makan. 

Oh ia, di dalam rumah tersedia juga air galon yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung yang menginap di Bamboosa Guest House.

Vibes Bamboosa Guest House Bukittinggi

Bamboosa Guest House Bukittinggi

Tiap penginapan akan memiliki vibes-nya tersendiri, Bamboosa Guest House Bukittinggi ini cukup terkenal dikalangan wisatawan mancannegara, terlebih sebelum Pandemi COVID-19. Namun, sekarang menjadi favorit untuk kalangan keluarga. 

Konsepnya yang homie ini serasa di rumah sendiri terlebih dengan adanya taman-taman dan kolam berenang mini untuk anak-anak yang menjadi daya tarik tersediri untuk menginap di Bamboosa Guest House Bukittinggi. Lokasinya yang tenang dan adem jauh dari hiruk ikuk kota yang ramai.


Bamboosa Guest House Bukittinggi
Bamboosa Guest House Bukittinggi

Bamboosa Guest House juga memiliki panorama alam yang menawan. Beruntung sekali cuaca pagi saat itu cerah tanpa awan. Gunung Marapi dan Gunung Singgalang yang gagah tampak memanjakan mata.

Saya pun mengambil ponsel untuk mengabadikannya, sungguh adem sekali. Suasana view gunung ini dapat dinikmati jika menginap di rumah kedua. Terbayang saja punya rumah yang tiap pagi dan sore dapat pemandangan yang aduhai ini.

Bamboosa Guest House dapat dipesan melalui situs/aplikasi traveloka.com, pegipegi.com atau booking.com. Bisa juga pantau diakun Instagramnya @bamboosaguesthouse. Bamboosa Guest House dapat menjadi pilihan untuk bermalam dengan harga yang kompetitif dan fasilitas menarik untuk dinikmati selama berlibur di Bukittinggi. Silahkan mencoba!
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

27 comments:

  1. Aaakk, homey bangeett dan aku auto mupeng lontong khas Minangkabau.
    Itu mirip lontong sayur ya Kak?
    Duh, kopinyaaa juga enjoy nihhh

    ReplyDelete
  2. Sederhana tapi nyaman ya, berasa pulang ke rumah orangtua... viewnya juga asyik. Sambil duduk2 menikmati pemandangan bisa asyik makan lontong khas Minangkabau atau ngopi.. hmm.. yummy.

    ReplyDelete
  3. Saya jadi rindu bukittinggi.
    ke pasa bawah jajan pensi, dan pasa ateh tempat saya nongkrong dulu pas pulang sekolah bareng teman-teman untuk sewa komik.
    turun ke ngarai kalau bolos sekolah atau kalau lagi pulang cepat...
    kapan ya saya ke bukittinggi lagi...

    ReplyDelete
  4. Iya nih suasananya seperti di rumah saudara saja ya. Ga mungkin sih rumah sendiri soalnya bukan orang Bukittinggi hehee ...
    Selain banyak koleksi tanaman hiasnya, pemandangannya juga melihat gunung sangat indah...
    Semoga suatu saat kesampaian bisa main ke Sumatera Barat

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ke Bukittinggi kak, jadi penasaran ingin kesana aku kak hehehe.. Btw penginapaannya cakep deh .. Instagramable hehe ^^ ~Inova Melisa

    ReplyDelete
  6. Wah, tampilannya klasik sekali bagaikan rumah-rumah di era lama
    And I like that aesthetic garden too

    ReplyDelete
  7. Menarik nih suasananya..berasa kayak lagi berkunjung ke rumah kerabat di kampung halaman hehe. Dan seru banget tuh kalo bisa nyicipin buah naga langsung dari pohonnya. Nice!

    ReplyDelete
  8. Duh liat pemandangannya jadi pengen staycation juga nih, ngebayangin sambil kulineran juga di bukit tinggi entah kapan nih bisa ke sana

    ReplyDelete
  9. aduh nyamannya

    setiap mengunjungi suatu kota, saya selalu mencari guest house daripada hotel

    rasanya nyaman banget dan betah,

    jadinya maalah malas pulang :D :D

    ReplyDelete
  10. wah sederhana gitu, tapi lengkap ada kolam renanggnya jg enak bangeet nih serasa merakyat :) jadi lebih nyaman gitu ya menikmati liburannya

    ReplyDelete
  11. Dari zaman tinggal di Batam, aku pengen banget main ke Bukittinggi. Teman yang asal sana bilang, kotanya cantik. Banyak peninggalan zaman lama. Termasuk pas lihat foto-foto guest housenya, duh, rasanya kayak main ke rumah kakek nenek ya...

    ReplyDelete
  12. Wah guest housenya homey banget. Asri juga ya kak. Seru nih kalau liburan disana. Kulinernya juga menggugah selera banget

    ReplyDelete
  13. Mantap review-nya bang. Kapan-kapan kalau 'terpaksa' menginap di Bukittinggi, nanti akan coba nginap di bamboosa guest house ini, sepertinya nyaman. Sarapan lontong-nya juga tampak enak.

    ReplyDelete
  14. Wah bakalan diingat nih.. kalo ke Bukittinggi wajib nginap di Bamboosa Guest House Bukittinggi. Homey banget. Trus suasananya juga enak.

    ReplyDelete
  15. Pulau yang belum saya kunjungi itu SUmatra , sulawesi dan papua deh kayaknya. Pengen gitu ke bukittinggi yang pastinya banyak destinasi wisata. Guest housenya berada seperti di rumah sendiri ya kak.

    ReplyDelete
  16. Wah ada kolam renangnya jugaa XD
    Konsepnya beneran homeyy, mudah2an kalau ke bukit tinggi ngga lupa sama bamboosa

    ReplyDelete
  17. Homey banget ya Bamboosa Guest House Bukittinggi ini... tempatnya bersih, nyaman dan sudah ada ulasannya pula ya di Tripadvisor. Trus bisa ditelusuri di Google Maps juga ya. Senang sekali pastinya bs keliling Bukittinggi di masa pandemi seperti ini. Di rumah aja bosan banget lho

    ReplyDelete
  18. wah kak lihat ini jadi pengen staycation, dah lama ga traveling dan terkahir ke Kota Bukittinggi tahun 2013 sepertinya, wah wajib banget ke sana lagi buat nyobaun guest housenya

    ReplyDelete
  19. Bukittinggi adalah salah satu destinasi wisata yang ingin sekali saya kunjungi. Melihat review ini jadi makin tertarik untuk staycation saat traveling kesini. Terlihat sederhana, tapi rapi dan nyaman

    ReplyDelete
  20. Senang dengan suasana Bambossa Guest House Bukittinggi yang homey..apalagi ada sarapan lontong Padang yang mantap kelihatannya.
    Aku dua kali ke Sumbar. Yang pertama bareng teman-teman, dan enggak singgah ke Bukittinggi dong, karena temanku asli Payakumbuh jadi banyakan eksplor daerah sekitarnya. Maka, saat ke sana lagi bareng keluarga aku pesenin suami pokoknya harus ke Bukittinggi. Dan 2 hari ternyata sangat kuraaang. Semoga lain kali bisa ke sana lagi

    ReplyDelete
  21. Wah jadi kangen ngebolang kalau lihat pemandangan yang hijau nansegar seperti ini..belum pernah pun saya ini ke Bukit Tinggi hehehe

    ReplyDelete
  22. Iya banget yaa..
    Suasananya so hommie..bikin betah yang berkunjung ke Bamboosa guest house.
    Gak salah kalau menjadi tempat favorit bagi wisatawan asing dan wisatawan lokal.

    ReplyDelete
  23. keren sekali guest house ini, saya liat konsep outdoornya bernuansa alam, dan indoornya sedikit ada nuansa vintagenya keren

    ReplyDelete
  24. AAhh betapa menyenangkannya, jadi kangen menginap-menginap gini huhu. Suasananya yang homey dan pastinya suasana alamnya yang kece bikin betah. Bikin pengin lama-lama menyegarkan pikiran di sini :D

    ReplyDelete
  25. Saya sempat tinggal di Pekanbaru dulu dan sempat jalan2 ke Sumbar tapi di Bukittinggi ini cuma lewat dan lihat jam gadang. Suatu saat jika bisa ke sana lagi, saya bisa coba nih rekomendasi Uda.

    ReplyDelete
  26. Lama tidak main ke blog mas bayu langsung dimanjakan dengan pemandangan eksotik dari tanah sang proklamator

    asyik banget penginapannya
    saya jadi kepingin barang sekali saja mas ke bukittingi
    suka banget liat suasana pegunungan gitu
    bisa buat ngadem nih

    ReplyDelete