Wednesday, November 25, 2015

Tembok Bergambar di Kota Tua Padang



Kota Tua Padang menyimpan berbagai macam objek wisata yang patut dikunjungi. Tidak hanya banyaknya bangunan peninggalan kolonial Hindia Belanda saja atau keberadaan tradisi budaya multietnik yang berbaur menjadi atraksi yang menawan salah satunya pertunjukan Barongsai oleh masyarakat Tiongkok atau tradisi melempar gula yang dilakukan oleh masyarakat muslim keturunan India hingga beragam kuliner khas dan tempat nongkrong favorit kaula muda Padang.

Ssstt., tunggu dulu masih ada satu objek lagi loh yang sedang menjadi trend. Terutama bagi pengguna akun sosial media Instagram. Hal ini menarik juga untuk dijelajahi terutama, bagi para pencinta fotografi. Apa yah? Ini loh tempatnya suatu jalan yang memiliki tembok bergambar. Lebih kerennya bisa juga disebut dengan Gang Grafity. 

Yap, ada salah satu jalan tapi rasanya seperti gang sih yang hampir seluruh temboknya bergambar baik itu mural dan grafiti. Memang kedua jenis gambar tersebut terkesan membuat kumuh suatu gedung atau rumah, namun disisi lain itu adalah seni loh, sangat indah dan menarik untuk menjadi latar berfoto. Lokasinya berada di antara Kelurahan Pondok dan Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Barat-Selatan, Kota Padang. 

Tembok bergambar atau Gang Grafiti ini sejak kapan mulanya mulai mewarnai dinding kota tua ini memberikan kesan tersendiri jadinya. Setidaknya terdapat beberapa tempat yang banyak tembok bergambarnya. 

Pertama tempat yang cukup banyak peminatnya di jalan  yang tembus menuju jembatan gantung dan Bat and Arraw Cafe di tepi Sungai Batang Arau. Lokasi ini banyak mural yang menarik dan bagus untuk mejadi latar berfoto ada gambar sonic, robot, minion, hati dan lainnya. Banyak pilihan latar gambar. Itung-itung menambah koleksi foto OOTD (outfit of the day) atau foto narsis kamu. 

Terakhir saya pergi ke tempat ini pada awal November 2015 lalu. Cukup sepi dari lalu lalang kendaraan, tapi yang berfoto narsis lumayan lah, termasuk saya hahaha. Kalo mau parkir kendaraan di sini nanti langsung bayar karena ada 'tukang parkirnya'. 

Nah, tempat kedua ini cukup baru. Berada di sebelah kelenteng. Gambar di gang ini tidak sebanyak dan sepadat ditempat yang pertama. Di sini banyak gambar grafiti dan ada beberapa gambar muralnya. Padahal waktu awal November 2015 itu, saya pernah ambil frame ditempat ini dan tidak ada grafitinya. Hanya coret-coret 'dilarang buang sampah sembarangan' dan 'new hope'. 

Ternyata dua minggu kemudian, sudah hampir penuh dengan coretan dinding di ujung jalan ini. Sungguh terlalu.  Jika sekarang mengunjungi kedua gang ini malah akan menemukan gambar yang baru lagi. 

Mungkin jika menggambarnya di tembok yang bukan gedung peninggalan sejarah tidak masalah sih, namun jika dilakukan juga kalo bisa janganlah bro. Saran saja. Lagi pula mencoret-coret tembok ini termasuk salah satu bentuk vandalisame dan merusak keindahan ruang publik, meski di sisi lain dapat menjadi objek yang menarik untuk berfoto.

Kota Tua Padang memang menjadi Referensi Hunting Foto salah satu tempatnya ya di Gang Grafiti ini. Mau coba? Yuk Jelajah Nagari Awak.






———————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

8 comments:

  1. muralnya keren2 yaa..
    bagus buat foto-foto..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang keren uni. hehee
      cocok untuk yang hobi berfoto dan difoto :D

      Delete
  2. asik ada spot buat foto instagram baru


    budy | Travelling Addict
    blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas Budy. Intagramable banget. Yuk ke Padang hehe

      Delete
  3. wah. jadi tempat foto instagram yang mendadak hits banget yaakk. haha
    btw, salam kenal ya. monggo mampir balik
    insanwisata.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas Hannif, viral banget di Padang tempat ini apalagi dikalangan pencinta instagram.

      salam kenal balik mas. makasih udah berkunjung. oke mas nanti saya akan berkunjung

      Delete
  4. Hi saudara Bayu Haryanto, bisa menghubungi anada di Padang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang pak Rio. Bisa pak silahkan hubungi kontak saya 0819647555359. Teirma kasih

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...