Wednesday, September 16, 2020

Pantai Marunggai Spot Tersembunyi di Kawasan Mandeh

Pantai Marunggai Pesisir Selatan

Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil. Pesisir pantainya pun begitu memikat dan memanjakan mata. Ini yang menjadi istimewanya sehingga saya pun memutusan untuk mencoba menikmatinya setiap berjalan ke Painan melalui jalur pesisir pantai ini.

Pesona Mandeh dapat dinikmati bila menjelajahi lewat jalan lingkar Sungai Pisang Kota Padang-Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jalur ini terbilang masih baru dan selalu hits hingga saat ini. Pokoknya terdapat banyak spot foto menarik selama perjalanannya.

Ada salah satu tempat di kawasan Mandeh ini yang menurut saya keren untuk dinikamti. Namanya Pantai Marunggai. Posisinya berada di daerah Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

"Bang, nanti kita singgah dulu ke teluk yang memiliki pemandangan pantai yang kece," sebut Wahyu ketika menikmati perjalanan pulang menuju Kota Padang.


Hari itu langitnya begitu cerah, warnanya biru sepanjang hari, meskipun cukup berawan. Terik matahari kian terasa, sebabnya waktu menujukan tanda-tanda akan datangnya petang. Ia jelang sore kami tiba ke Pantai Marunggai.

"Ini dia tempatya," teriak Wahyu yang menjadi teman perjalanan saya saat menjelajahi kembali destinasi wisata Jembatan Akar, Air Terjun Bayang Sani, dan Air Terjun Timbulun Painan.

Saya sendiri cukup terpukau dengan suasananya. Mungkin sebagaina orang akan berpandangan berbeda. Ada yang bilang biasa aja dan ada yang mengaguminya. Bukitnya Pantai Marunggai ini menjadi sorotan juga bila datang ke kawasan Mandeh.

Bila diperhatikan posisi Pantai Marunggai ini bentuknya sedikit melingkar karena berada di kawasan teluk. Memiliki pasir yang putih bersih sedikit kecoklatan. Ombak yang tidak terlalu besar dan air lautnya itu loh berwarna hijau tosca. Jika sedang terik terlihat berkilau.

Menariknya terdapat sebatang pohon di area pantainya, seolah menjadi ikon dari tempat ini. Coba saja dipetik gambarnya pakan asti menghasilkan landscape yang instagenik sekali. Pantai Marunggai ini dapat dinikmati jika dilihat dari ketinggian.

"Kita foto-foto dulu yah ditempat ini," ajakku kepada Wahyu.


Pantai Marunggai Pesisir Selatan

Spot ini cukup viral meskipun tidak banyak yang memotretnya. Saat menuju Padang via jalur Mandeh atau sebaliknya pasti akan melewati spot ini. Terkadang kalo tidak jeli bisa kelewat abisnya letaknya berada dijalur penuruan dan tanjakan serta di tebing jalan. Ini untuk spot fotonya.

Ingin menikmati pantainya? Tentu bisa. Sejauh ini masih aman belom ada tarif untuk take gambar di tempat ini. Namun, jika turun ke bawah menuju pantainya akan dikenakan bayar masuk Rp. 5000,-  (bisa berubah sewaktu-waktu). 

Area Pantainya cukup luas dan landai. Bisa berlari-lari sepuasnya. Berkemah pun seru juga. Apalagi jika ingin membuat kegiatan bersama rekan kerja atau teman angkatan sekolah. Sepoy-sepoynya dan deburan ombaknya bikin I need sea gitu lah.

Karena perjalanan menuju Kota Padang masih jauh, akhirnya kami pun beranjak dari tempat ini. Rencannya sih mau singgah dulu ke pantainya, tapi takut keburu malam sampai rumah. Sepertinya seru juga menikmati sunset dari Pantai Marunggai ini. Mungkin next time kembali ke sini.

Pantai Marunggai ini bisa menjadi spot tersembunyi di Kawasan Mandeh yang epik banget. Jadi jangan sampai lupa untuk mengabdikannya dan berbagi di akun media sosial kita.
——————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

3 comments:

  1. duh udah lama gak liburan, semoga pandemi cepat berakhir ya :')

    ReplyDelete
  2. menurutku ini pantai tercantik di sepanjang pesisir sumatera barat..

    ReplyDelete