Thursday, October 15, 2020

Ayo Jelajahi dan Tengok Eloknya Desa Wisata Sumatra Barat (Part 1)

Desa Wisata Sumbar

Keberadaan desa wisata atau kampung wisata menjadi daya tarik tersendiri bila sedang melancong ke suatu tempat. Terdapat banyak keunikan dan atraksi yang menjadi pemikatnya sehingga para pengunjung akan merasakan suasana serta pengalaman yang mengesankan.

Di Sumatra Barat tersendiri memiliki desa wisata yang dapat menjadi pilihan untuk berlibur. Ini baik yang mula lahirnya dari perkampungan dengan kemolekan alam dan keberagaman budayanya atau memang kawasan yang sengaja dikembangkan menjadi tujuan daerah wisata.

Berikut ini desa wisata yang wajib dikunjungi bila ke Sumatra Barat versi kidalnarsis:

1. Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang

Desa Wisata Sumbar

Desa Wisata Kubu Gadang ini berlokasi di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Desa ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdrwis) Kubu Gadang sejak 2015. Desa Wisata Kubu Gadang ini menawarkan panorama alam yang mempesona berbalut atraksi tradisonal Minangkabau. 

Pengunjungan dapat menikmati sajian atraksi budaya seperti silek lanyah dalam lumpur, tradisi makan baradaik, randai, pacu upiah hingga wisata edukasi bermain di sawah. Pemandangan desa ini pun sangat menawan dengan tiga gunung yang gagah membentang yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikek. 

Desa Wisata Sumbar

Pengunjung pun bias mencoba pergi ke Pasar Digital Kubu Gadang yang sudah eksis sejak 28 Okober 2018. Untuk bisa menikati semuanya itu pengunjung dapat mencoba paket wisata dengan homestay yang telah tersedia. Untuk informasi dapat cek di akun instagram @desawisatakubugadang.

2. Kampung Wisata Saribu Gonjong Kabupaten Limapuluhkota

Desa Wisata Sumbar

Kampung Wisata Saribu Gonjong (Sarugo) berlokasi di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi , Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatra Barat. Kampung wisata ini dibangun sejak 31 Agustus 2019 dan menariknya masuk list Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Kampung Adat. 

Perkampungan adat dengan rumah gonjong yang berdekatan menjadi daya tariknya. Dikelilingi perbukitan dengan kebun Jeruk Siam Gunung Omehnya menjadikan Kampung Wisata Sarugo ini sejuk, orisinil, dan nyaman. 

Desa Wisata Sumbar

Terlebih dengan adanya jejak sejarah PDRI, atraksi budaya, dan tersedianya homestay di rumah gadang asli yang semakin menyenangkan bisa menikmati perkampungan khas Minangkabau. Untuk informasi dapat cek di akun instagram @kampung_wisata_sarugo.

3. Desa Wisata Kayukubu Kota Bukitinggi 

Desa Wisata Kayukubu beralamat di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Desa ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdrwis) Desa Wisata Kayu Kubu. Tempat ini memiliki daya tarik panorama alam, kuliner, atraksi budaya hingga potensi ekonomi kreatif. Menariknya lokasinya sangat strategis yang terintegrasi dengan berbagai objek wisata lainnya di Kota Bukittinggi. 

Sejak 20 Desember 2018, Desa Wisata Kayu Kubu secara resmi dicanangkan Sebagai Wisata Pedesaan Ramah Anak Bebas dari Eksploitasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, tepatnya di Objek Wisata Rumah Pohon Inyiak Ngarai. 

4. Kampung Minang Sumpur Kabupaten Tanah Datar 

Desa Wisata Sumbar

Kampung Minang Sumpur terletak di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Pesona danau Singkarak yang melegenda berpadu dengan keindahan arsitektur rumah gadang yang usianya ratusan tahun menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kekayaan budayanya pun menjadi sajian yang menarik untuk dinikmati seperi tari piring, silek minang, hingga kuliner khasnya Pongek Bilih. 

Kampung Minang Sumpur terus dikembangkan dan menawarkan paket wisata berbasis kearifan lokal berupa menginap di rumah gadang menjadi sensasinya dengan suasana alam yang asri dihibur dengan atraksi pertujukan seni budaya serta kearifan lokal masyarakatnya. Bahkan ada wisata edukasi memetik buah sawo dan menanam padi. Bagi yang suka hiking dapat menikmati panorama Danau Singkarak dari Puncak Tubia dan Batu Baraguang di pinggir Danau Singkarak.

Desa Wisata Sumbar

Ternyata artis cilik Sherina miliki darah keturunan Minangkabau sempat melakukan Tapak Tilas Keluarga Munaf di Nagari Sumpur pada tahun 2019 lalu. Kawasan Nagari Sumpur ini sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Nasional pada tahun 2013. Untuk informasinya dapat cek di akun instagram @pesonasumpu.

5. Kampung Adat Balai Kaliki Kota Payakumbuh

Desa Wisata Sumbar

Kampung Adat Balai Kaliki ini beralamat di Kanagarian Koto Nan Gadang, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kampung Adat ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya dan edukasi di Minangkabau yang diresmikan tahun 2019.

Kampung adat ini sangat unik sekali karena mudah dijangkau dan berada di pusat kota. Saat ini sudah masuk daftar cagar budaya oleh BPCB Sumatra Barat.

Desa Wisata Sumbar

Meski terbilang baru, kampung adat ini memiliki cerita yang cukup panjang sejak abad ke-17. Daya tarik kampung adat ini terletak pada rumah gadang yang memiliki kombinasi bahan bangunan gaya kolonial dan khas Minangkabau.

Pengunjung dapat mengenal berbagai tipe bentuk rumah gadang, melihat bentuk rangking hingga menyaksikan atraksi budaya di medan bapaneh. Untuk informasinyya dapat cek di akun instagram @balaikaliki

6. Perkampungan Adat Nagari Sijunjung

Desa Wisata Sumbar

Perkampungan Adat Nagari Sijunjung ini berlokasi di Jorong Padang Ranah dan Jorong Tanah Bato Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. Perkampungan adat ini terdapat 76 rumah gadang yang masih autentik, letaknya saling berdekatan, dan ditata dengan rapi sesuai tradisi permukiman lama khas budaya Minangkabau. Ternyata perkampungan ini sudah masuk dalam daftar tentatif warisan dunia UNESCO sejak 2015.

Rumah Gadang Perkampungan Adat Sijunjung ini menjadi salah satu ciri yang merepresentasikan perkampungan dan masyarakat Matrilineal Minangkabau. Dalam satu desa (nagari) terdapat sawah dan ladang, pandam pakuburan, surau, masjid, pasar, jalan, dan balai adat tersusun pada area yang saling berdekatan dengan sungai.

Desa Adat Sijunjung ini menarik untuk dijelajah terlebih menginap di rumah gadang dn berkeliling menikmati suasana kampung asli Minangkabau. Terlebih dengan aktivitas masyarakat seperti Batoboh, Bakaul, Mambantai adaik, wirid adat dan lainnya.

7. Perkampungan Adat Saribu Rumah Gadang

Desa Wisata Sumbar

Perkampungan Adat Minangkabau ini berlokasi di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat. Ada sekitar lebih dari 130-an rumah gadang yg lokasinya berdekatan masih terjaga dan dalam satu kawasan. Sebab dari itu dijuluki daerah Saribu Rumah Gadang. 

Bagi yang ini menikmati nuansa Minangkabu tempo dulu bisa mencoba homestay di Rumah Gadang. Pengunjung bisa merasakan perkampungan adat Minangkabau sesungguhnya. Ada 10 homestay di sini. Jadi kalo liburan ke Kabupaten Solok Selatan wajib kunjungi tempat ini. Tempat ini juga selain menjadi destinasi wisata budaya juga menjadi destinasi digital yang banyak spot foto yang instagenik.


Nah itulah beberapa desa wisata yang ada di Sumatra Barat. Barang kali dapat menjadi inspirasi dalam menjelajah keunikan dan keberagaman Ranah Minang. Ops! Tunggu dulu ya ada lanjutannya. Inil oh desa wisata di Sumatra Barat part 2 dilihat di sini
——————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

30 comments:

  1. wuihhh haruss bsa ngetrip brng ni bng broo @ubay

    ReplyDelete
  2. Waaaah....jadi kangen Padang
    Terakhir kesana tahun 2013, saya lihat transportasi sudah cukup bagus dan lancar
    Jadi pingin kesana lagi nih

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuun,
    Ini sih paket wisata yg kompleettt banget!
    Bisa merasakan kearifan lokal khas masyarakat Sumbar juga ye kan.
    Kuliner Sumbar tuh super duper endeeeeeuuuss!

    ReplyDelete
  4. Wouww baru kali ini berasa jalan2 baca tulisannya kak, seakan ikut menjelajahi setiap kampung ada di Sumatera ini. Semoga saja ada rejeki dan kesempatan berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  5. Setiap baca tulisan kidalnarsis.com keinginan ke Sumbar tambah menggebu deh
    Semoga Tabungan segera penuh, pingin banget ke sana

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak ya kampung adat disana. Semakin penasaran dengan kebudayaannya. Aku belum pernah ke Sumbar. Padahal mertua dan suami asli Sumbar. Tapi karena sudah tinggal di tanah Jawa, jadi belum pulkam ke sana hehe

    ReplyDelete
  7. waaah, pengen banget ke Sumbar. sudah rindu wisata sejarah juga nih :")

    ReplyDelete
  8. Keindahan Desa di Sumatera Barat sungguh membuat mata tak berkedip yaa...
    Selain wisata alamnya, juga budaya dan bahasanya.

    ReplyDelete
  9. Indahnya, saya yang orang Jogja jadi ngiler banget pingin ke Sumbar. Desa Adat Madobak itu brrti kita bisa keliling desa dari atas perahu kayu ya?? Kok syahdu banget bayanginnya 😍

    ReplyDelete
  10. Sejuk ya ngelihat gambar-gambar kampung. Soalnya kalau di kota yang dilihat cuma rumah-rumah

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen liburan ke sana deh, dari dulu selalu aja gagal liburan ke sumbar, tempatnya cantik2 dan pengen ngerasain juga makan nasi padang di kota padang :D

    ReplyDelete
  12. doaku semoga tahun ini kl pandemi kelar mau main ke desa wisata Sumbar. aamiin, ya gimana nggak mumpeng, buaya lokal dan atraksinya keren banget. seneng banget ih, di Sumbar banyak desa wisata yang menyuguhkan berbagai aktivitas dan keindahan desa masing2 :)

    ReplyDelete
  13. Ihh.. sumatera barat tuh menarik juga ya, wisatanya. Penasaran pingin ke obyek wisata rumah pohon itu..

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, lihat Kampung Adat Balai Kalili Kota Payakumbuh jadi ingat Desa Panglipuran di Bali. Percissss begini, rumah adat berderet sepanjang jalan, bersihhhhhh sekali. Kalo di Bali dipasangi janur kuning (penjor), di sini dipasangi bendera khas hitam merah kuning itu.

    ReplyDelete
  15. Duh senengnya baca ulasan ini mas, berasa jalan-jalan. Banyak banget kekayaan tersembunyi di desa wisata Sumbar. Aku sendiri takjub dengan budaya dan bangunan rumah yang runcing bagian atasnya/ Wah kpan bisa kesana ya.....

    ReplyDelete
  16. Sumatera memang kaya akan tempat-tempat indah ya. Aku baca ini jadi mupeng jalan-jalan keliling Sumatera. Dulu pernah sempat mencicip mampir ke Lampung, tapi cuma sebentar aja, ikut bapak kerja. Waktu masih kecil pula. Pasti sekarang sudah banyak perbedaan dan kemajuan.

    Semoga one day bisa diberi rezeki untuk melancong ke Sumatera lagi. Aamiin.

    ReplyDelete
  17. Ih pengen secepatnya aja deh bisa main ke Sumatera. Itu di gambar saja pemandangan dan lokasinya bagus, apalagi kalau menuju lokasi langsung di sana ya...
    Semoga panjang umur, ada rezekinya dan pandemi segera berakhir dulu....

    ReplyDelete
  18. Saya lahir di Sumatera Barat tapi belum pernah kesana lagi sejak setelah lahir karena langsung dibawa ke Medan. Sungguh menarik sekali bisa menjelajahi banyak tempat keren di Sumbar ini. Berkeinginan bisa ke desa wisata nya juga,mau lihat berbagai atraksi wisata.

    ReplyDelete
  19. Belum sempat ngerasain wisata Sumatera barat nih kak Bayu. Ternyata banyak juga wisata kampung adat ya..
    Dan beda-beda pula yang dijagokan alias punya kekhasan masing-masing. Saya lihatnya kepengen pula ke Kampung Wisata Saribu Gonjong (Sarugo). Semoga nanti sempat main ke sini ah..

    ReplyDelete
  20. Seru ya bisa mampir ke desa wisata Sumatra Barat. Bahkan ada beberapa desa wisata yang juga menyediakan homestay. Asik sekali.

    ReplyDelete
  21. serunya, pengen balik lagi ke sana, dulu 2x mengunjungi Sumatera, suka dengan budayanya dan alamnya juga, hope someday will be there again

    ReplyDelete
  22. Waah indah yaaa.. adat nya masih kental banget, pengen nobain tinggal di rumah adatnya itu :) keren Indonesiaaa :)

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah minang oh minang, keren bangett emang. Kapan ya bisa kesana. Jelajah desa adatnya, alamnya, hmm

    ReplyDelete
  24. Keren ya kak budaya Tanah Minang kapan ya bisa ngebolang ke sana pengen banget semoga pandemi cepat berlalu deh

    ReplyDelete
  25. beberapa kali ke sumbar tapi belum pernah ke salah satu tempat di atas. sumbar ini kental sekali dgn rumah adatnya ya bang. jarang-jarang juga lokasi wisata menyediakan homestay,biasanya warga lokal yg buka lahan untuk jadi penginapan, bahkan orang luar negeri xD

    ReplyDelete
  26. indah-indah sekali yaaa desa wisatanya, ternyata banyak yang bisa kita nikmati dan telusuri ya di sumatera barat tuh, kaya pesona alam dan adat budayanya

    ReplyDelete
  27. Duhh ademnyaa lihat desa wisata di Sumatra Barat ni...luar biasa keindahan alam, kuliner dan budayanya. Btw, Sherina Munaf urang awak juga yo, rancak bana...

    ReplyDelete
  28. Sumatera barat memang terkenal sekali dengan pesona alamnya yang MasyaaAllah kayak lukisan.
    Suami masih ada turunan Minang dan punya saudara di Sumatera barat, sayangnya kami sekeluarga belum pernah kesana bareng. Hanya suami sendiri.

    ReplyDelete
  29. Wah aku belum permah menginjakkan kaki di tanah Padang ini. Wajib dicoba salah satu homestay di desa wisata tersebut diatas.

    ReplyDelete