Friday, July 14, 2023

Tidak Lazim, Sate Mega Padang Ini Unik Berkuah Pucat

Sate Mega Padang

Sate menjadi menu makanan yang banyak dinikmati oleh semua kalangan. Ada beragam jenis sate yang tercipta menjadi khasanah keberagaman kuliner yang ada di Indonesia. Sate Padang, salah satu jenis sate yang paling populer di nusantara, setelah Sate Madura, Sate Lilit Bali, dan Sate Maranggi. 

Sate ini dikenal menurut daerah asal pembuatannya dan umumnya berbahan daging sapi dan daging ayam. Meskipun demikian sudah banyak varian jenis sate berdasarkan bahan bakunnya. Sate Padang sangat khas, kaya rasa, dan kaya akan rempah. Begitu juga kuah satenya yang beragam pula jenisnya. 

Di Padang sendiri ada satu kedai sate yang menjual sate yang unik dengan tampilan yang tidak lazim seperti sate pada umumnya. Biasanya Sate Padang itu memiliki kuah yang berwarna kuning kecoklatan. Namun, tempat ini dengan kuah sate yang warnanya pucat, agak keputihan gitu.

Mencicipi Sate Mega Berkuah Pucat

Sate Mega Padang

Sate Mega namanya. Tempo itu salah seorang memperkenalkannya kepada Ubay. Pertama kali mencicipi pada April 2022 lalu. Sehabis hunting ke Lubuak Ngalauan Sungai Bangek, Agung temanku ini kan rumahnya di perbatasan kota, jadi sebelum pulang kami membeli makanan dulu di depan Pasar Lubuk Buaya. 

Sate menjadi pilihan paling 'aman' sih untuk menu makanan yang tidak terlalu berat, apalagi ketika malam hari. Mengingat kalorinya tidak terlalu banyak seperti makan Nasi Padang biasa atau nasi goreng (alibi saja sih sebenarnya lapar wkwkw).

"Sate Mega ini rekom loh bang, kuahnya unik dan enak," sebutnya.

"Bang, mau coba?" tanyanya padaku.

"Oya? Ya, udah mau deh," jawabku sambil tersenyum.

Sate Mega Padang

Sesampainya di rumahnya, kami langsung makan. Wow, kuah yang pucat dengan alas daun pisang ini jadi semakin kontras terlihat. Warna daginnya agak kekuningan. Saat mencicipinya, enak juga. Terasa sekali rempah-rempah kuahnya. Daginnya pun empuk dengan perpaduan rasa gurih dan manis.

"Next time, kalau ke Lubuk Buaya lagi mau coba ah, Sate Mega ini," ucapku dalam hati.

Yap, pertengahan tahun 2022 lalu, Ubay mencoba lagi Sate Mega bersama Tomi. Sejauh ini rasanya masih sama dengan kuah yang pucat juga. Seporsinya itu tidak terlalu banyak dan pas untuk menu pengganjal perut di malam hari.

Sate Mega Kaya Akan Rasa Dengan Rempah dari India

Sate Mega Padang

Sate Mega memang dikenal dengan kuah yang khas. Bumbu yang diraciknya ini ada yang berbeda dengan kuah sate lainnya. Kabarnya ada resep spesial yang menjadikan kuahnya itu lamak bana. Porsi campuran kancangnya melimpah, ada juga campuran kaldu daging sapi dan rempah-rempah India menjadikan kuahnya lebih mantap. Ini yang menjadi resep rahasia kuah Sate Mega yang enak itu.

Sate Mega cukup terkenal bagi masyarakat yang tinggal di Lubuk Buaya dan sekitarnya. Satenya yang terbilang murah meriah ini menjadi santapan sore yang tak boleh dilewatkan. Sudah eksis sejak 1975-an menjadi salah satu kuliner sate yang terbilang legend di Kota Padang. 

Sate Mega Padang

Percobaan makan ketiga Sate Mega, ketika Juni 2023 ini. Ubay bersama Rizki dan Pipit lagi pengen makan sore dan sate jadi piliannya. Sudah lama juga tidak makan Sate Mega. Sebenernya lagi ngidam pengen Sate Mega. Gerai yang di pasar Lubuk Buaya yang dipilih, tapi agak sedikit kecewa karena pengen makan Sate Mega dengan kuah pucat. Ketika itu kuahnya coklat pucat kemerahan. 

Tenang saja, masih di bulan yang sama, Ubay bersama Rizki kembali mencoba Sate Mega lagi tapi tidak yang di Pasar Lubuk Buaya melainkan yang di Batang Kubung. 

Sebenernya untuk mengobati rasa penasaran yang akhirnya terbayar juga. Uyeee hehe

"Apa mungkin yang di Pasar Lubuk Buaya itu sudah berubah?  Macam 'dia', eh!" Tanyaku dalam hati

"Ntahlah hehehe" menggumal dalam hati.


Ketika melihat kuah Sate Mega di Batang Kubung ini seperti yang Ubay harapkan. Kuahnya ini yang menjadi daya tariknya, warnanya pucatnya ini yang Ubay cari. Soal citarasanya jauh lebih oke yang di tempat ini. 

Daging satenya gurih dan sedikt manis semakin kuat rasanya ketika bercampur dengan kuahnya yang masih hangat plus taburan bawang goreng. Aromanya menggoda sekali bikin ngiler. Wih, enak sekali.

Mungkin dua kata yang menggambarkan Sate Mega ini yaitu enak dan unik. Menurut Ubay, memang begitu kiranya. Ketika Ubay posting soal Sate Mega ini responnya serupa. Parahnya lagi di Tiktok kontenku tentang Sate Mega ini fyp. 

Melihat komen yang tersemat di media sosial Ubay, banyak yang penasaran dan berkomentar begitu. Sate Mega itu enak dan unik. Setidaknya Sate Mega dapat menjadi pilihan untuk mencicipi serba serbi kuliner legend di Padang.

Sate Mega Ada Banyak Cabangnya

Sate Mega Padang

Seporsi Sate Mega sangat terjangkau cukup merogoh kocek sebesar Rp.15.000 saja, sudah dapat empat tusuk sate. Satu tusuknya itu ada 3 potong daging sapi yang lumayan besarnya. Ada ketupatnya dan taburan bawang goreng. Kalau setengah porsi cukup membayar Rp.10.000 saja.

Sate Mega ini dapat dinikmati ketika sore hari. Mengingat peminatnya itu ada banyak membuat Sate Mega ini membuka cabang yang lokasinya tidak begitu jauh. Setidaknya ada enam lokasi Sate Mega itu.

Nah, ada Sate Mega yang mangkal di depan Pasar Lubuk Buaya, dekat kios buah-buahan Pasar Lubuk Buaya, dekat Simpang Brimob Lubuk Buaya, dekat Simpang Batang Kabung dan ada di Simpang Kalumpang. Sedangkan satu lagi tidak tahu lokasinya dimana. Hahahaa

Btw, suka makan sate Mega yang di mana? Mari kita coba!

————————————————————————————————————————————————————

©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

12 comments:

  1. Belum pernah makan sate kuah abu-abu ini makanya nanya Ubay di Ig wkwkwk...

    Kalo sate kuah kuning, kuah merah, kuah coklat kan udah biasa... Kalo sate mega ini yg jual kampungnya dmn Bay? Apa cuma ada di padang kota aja?

    djangki | Avant Garde

    ReplyDelete
  2. Berarti ini pedasnya kuah ga pakai cabe merah ya, karena pucat warnanya. Unik nian! Jadi penasaran karena meski saya sekeluarga ini orang Jawa, karena lama tinggal di Sumatera lebih suka sate Padang yang kaya rempah daripada sate kambing/ayam yang biasanya berbumbu manis.

    ReplyDelete
  3. Wah kok bisa ada sate mega yang beda warna kuahnya? Biasanya tiap cabang pasti sama ya kan bang.
    Btw dikasih tau temen.. sebenarnya kuah sate ini memang aslinya pucat. Cuma ditambah pewarna biar lebih menggugah selera.
    Nah kalo aku sih lebih pilih yang pucat karena lebih milih rasa ketimbang tampilan.
    *kayak ngeliat dia #eeh

    ReplyDelete
  4. Saya jadi kepikiran kok seperti sate buatan saya, hehe
    Masalahnya, anak saya kan ga suka pedas, jadi kalau buat bumbu kacang gak pernah pakai cabe merah. Apalagi kuning, anak gak suka bau kunyit. Jadilah paling pakai santan saja. Makanya warnanya pucat

    Sate Mega enak disantap seperti makanan khas lebaran ya? Hehehe

    ReplyDelete
  5. sate gue lebih sukanya buat sarapan sih bang 🤣 enak banget dimakan abis makan buah buahan gitu. menariklah ini satenya 😬

    ReplyDelete
  6. wah malam-malam begini pas banget lagi lembur lihat sate kayaknya menggoda banget apalagi ini sate mega padang, pernah cobain rasanya memang enak banget meski keliatan pucat

    ReplyDelete
  7. Wah varian sate baru, setiap versi sate padang gini pasti aku slalu suka, memang biasanya kuah nya kalau ga orange agak kekuningan, jd penasaran dg kuah pucat. Blm ada cabang dimedan yaa

    ReplyDelete
  8. Nambah lagi nih referensi kuliner. Rupanya warna kuahnya yang pucat ini menyembunyikan citarasa enak unik. Perpaduan dari bumbu kacang bersama rempah india. Wuaaa bikin penasaran buat ikutan icip icip deh jadinya.

    ReplyDelete
  9. wah menarik nih, jadi pengen coba langsung :D

    ReplyDelete
  10. Warna kuah satenya macam kuah opor ya bang, tapi jadi penasaran pengen icip karena belum pernah coba sate yang kuah pucat seperti ini. Kalau di medan paling yang kuahnya warna kuning saya jumpai

    ReplyDelete
  11. Wih, kalo sudah pake rempah a la India ini yang bikin ng%iler. Saya paling suka makanan berempah begitu. Di Jatim satenya tentu saja didominasi oleh jawara sate dari Madura dan Ponorogo, kedua daerah ini khas satenya. Andai ada kesempatan, mau banget cicip sate Mega

    ReplyDelete
  12. ya Allah kok kemlecerr gini sih akuu, pengeeen bangett nyicipin, blm pernah kalo sate bumbu gini hahaa..

    ReplyDelete