Thursday, September 7, 2023

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) Lahir di Sumbar Momentum Gerakan Ekonomi Muslim Global

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)

Menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat ketika berhasil mempeoleh World Halal Tourism Award. Hal ini pun secara tidak langsung akan selaras dalam falsafah "Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, dan Syara' Mangato Adat Mamakai" yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Minangkabau sebagai landasan pandangan hidup.

Sumatera Barat berhasil  menjadi destinasi halal terbaik, kuliner halal terbaik dan biro perjalanan halal terbaik di Dunia pada tahun 2016. Penghargaan tersebut diperkuat dengan lahirnya payung hukum Peraturan Daerah Provinasi Sumatera Barat Nomor 1 Tahun 2020 yang menjadi dasar dalam pengembangan wisata halal di Ranah Minang.

World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) 2023

World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) 2023 lahir pertama kali di Sumatera Barat sebagai event bergensi dunia yang menjadi sebuah gerakan ekonomi global untuk memperkuat jejaring dan ekosistem bisnis, pariwisata, dan UMKM halal yang inovatif dan beradaptasi di era digital. 

WIES 2023 tercipta dari hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama dengan para pengusaha muslim. WIES 2023 ini diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel, Padang pada 6-9 September 2023. 

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023

WIES 2023 hadir juga dalam upaya memperkuat value perekonomian dan wisata halal di Sumatera Barat yang memiliki halal destination attributes yang muslim friendly.  WIES 2023 dapat menjadi salah satu akselerator dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia. Sumatra Barat memiliki potensi yang besar untuk menjadi poros gerakan ekonomi dan wisata halal dunia. di Indoensia dan citra Sumatera Barat yang menjadi desitnasi halal terbaik dunia.

WIES 2023 mengusung tema "Membangun Kerangka Ekonomi Inklusif di Dunia yang Terpolarisasi” #everyonecancontribute. WIES 2023 akan melahirkan Global Inclusive Entrepreneurship Foundation yang merupakan asosiasi forum wirausaha muslim pertama di dunia yang berpusat di Sumatera Barat. Forum ini merupakan kolaborasi multilateral pengusaha dan pelaku ekonomi dari berbagai negara, serta menjadikan Indonesia sebagai centre of excellence for Muslimpreneurs.

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)
World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)
World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)

Setidaknya lebih dari 15 negara terlibat baik dari negara Asia, Timur Tengah, hingga Eropa seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Chili, Timor Leste, Jepang, Spanyol, Kuwait, Turki, Qatar. Kuwait, Kazakhstan, Uzbekistan, Maroko, dan Uni Emirad Arab.

Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah. S.P membuka secara resmi WIES 2023. Dalam sambutannya, WIES merupakan ajang yang sangat penting bagi pengembangan ekonomi dan kewirausahaan Islam. WIES menjadi momentum penting untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata halal dan muslim friendly tourism.

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)
Dokumentasi Kemenparekraf
World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)
Dokumentasi Kemenparekraf

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A saat penutupan WIES 2023, mengungkapkan kegiatan WIES ini menjadi hak kekayaan intelektual (HKI) yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dengan harapan pada tahun berikutnya kegiatan WIES berkelanjutan dilaksanakan di Padang dan Sumatra Barat. WIES dapat menjadi momentum pengembangan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kegiatan WIE menjadi sejarah, para pengusaha muslim juga berkontribusi dalam memperkenalkan konsep perdagangan yang adil demi kesejahteraan bersama sehingga, para wirausahawan muslim harus mampu beradaptasi dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan akarnya.

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)
Dokumentasi Kemenparekraf

Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin hadir dan menyampaikan, WIES 2023 menjadi momentum yang tepat untuk pembentukan wirausaha berkarakter dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. “Wirausaha yang berkarakter, sekaligus jeli melihat peluang, dan gigih mengatasi tantangan, akan menggerakkan pembangunan ekonomi yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.

WIES mencorong terciptanya tiga program strategis meliputi membangun WIESociety untuk menghubungkan komunitas pengusaha global, menguatan jaringan dan ekosistem bisnis, pariwisata dan UMKM dengan mengadaptasi inovasi digital serta kolaborasi ekonomi lintas batas untuk memperluas peluang bagi pengusaha dan akses yang adil ke sumber daya dan peluang.

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES)

WIES fokus pada wilayah Islam karena sumber dayanya yang besar dan sumber daya manusianya yang berlimpah. WIES menjadi sebuah platform yang mempertemukan para pembuat kebijakan, pemimpin industri, pengusaha muslim, akademisi dan organisasi masyarakat di seluruh dunia untuk membahas agenda bisnis. Perlu adanya kolaborasi dengan segala sektor dan komitmen bersama dalam mewujudkannya. 
Serba serbi WIES 2023 mulai dari pertujukan seni Minangkabau, Travel Mart & exhibition, Conference, Meeting G2G Summit, Business Coaching hingga Womanpreneur Fashion Walk.

Tidak terasa serangkaian kegiatan WIES 2023 telah selesai dan menghasilkan beragam masukan hingga jalinan kerja sama. So, sampai bertemu pada event WIES 2024
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

1 comment: