Monday, October 16, 2023

Akhirnya, Launching Tourism Guidebook Discover The Charm of Gunuang Padang

Discover The Charm of Gunuang Padang

Pengelolaan pariwisata tanpa keseriusan bisa menjadi hal yang menyebalkan. Mengapa? Karena bicara pariwisata tidak bicara soal destinasi saja tapi ada banyak komponen yang terlibat. Pariwisata itu sebuah sistem yang harus ada pematik dan penggeraknya.

Geliat pengelolaan desa wisata terus tumbuh dan berkembang. Semenjak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat laman Jadesta dan meluncurkan program Anugerah Desa Wisata Indonesia, intensitasnya kian menjadi-menjadi. Banyak daerah berlomba-lomba mengenjot pengelola desa wisata untuk melakukan pembenahan hingga membuat atraksi baru. Ajang ini pun secara tidak langsung menjadi salah satu bentuk evaluasi dari pengelolaan pariwisata.

Discover The Charm of Gunuang Padang
Discover The Charm of Gunuang Padang

Ada yang pernah dengar namanya Gunuang Padang? Pada tahu kan? Atau jangan-jangan malah inget sama Gunung Padang yang di Cianjur itu. Bagi masyarakat Sumatra Barat, objek wisata ini tidak begitu asing. Apalagi bagi masyarakat Kota Padang. Cukup tahu lah.

Sebenernya mulanya lupa gimana ceritanya. Intinya ketika balas membalas di DM Instagram akhirnya memutuskan untuk berjumpa. Memang berkomunikasi dengan siapa pun sudah mudah tidak ada halangan lagi soal waktu dan jarak. Namun, karena berada di satu kota tidak ada salahnya untuk berjumpa.

Diversity and Empowement

Discover The Charm of Gunuang Padang

Sekirannya tanggal 6 Juni 2023 lalu, aku berjumpa dengan Bhilu, dia ini pengelola Pokdarwis Gunuang Padang. Dalam perjumpaan itu ada banyak hal yang kami bincangkan, mulai dari masalah-masalah hingga menjadi aksi nyata. Pembahasannya sih seputar pariwisata. Selesai perjumpaan pertama ini kami berkomunikasi terus secara daring. Perihal manajemen pariwisata yang dimulai dipersiapkan, identifikasi potensi dan hambatan hingga terwujudnya program kerja bagi Pokdarwis. 

Dari Juni ke Juli, Juli ke Agustus, Agustus ke September. Kemudian pada pertemuan berikut pada 4 September 2023, tidak membahas manajemen lagi, fokus ke implementasinya. Nah, pembahasannya fokus soal manajemen pemasarannya lagi. Ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan seperti pembuatan profil, paket wisata, membuat konten yang konsisten dan hal lainnya.

Discover The Charm of Gunuang Padang
Discover The Charm of Gunuang Padang

Aku dari dulu bercita-cita ingin membuat tourism guidebook, meski cuma digital. Sayangnya belum terwujud juga hingga akhirnya bersama Pokdarwis Gunuang Padang ini. Keseriusan dan menjaga semangat menjadi modal awal yang aku tanyakan kepada Bhilu. Itu jadi pondasi untuk memulainya agar nanti ketika sudah jalan bener-bener sampai pada tujuannya. Meskipun, sebenernya aku sudah membuat tourism guidebook khusus untuk Padang Heritage.

Secara basic, aku sudah ada draf awalnya, ketika berkolaborasi dengan Pokdarwis tentu akan kian mantap. Dalam projec ini tetap aku akan bawa terus Padang Heritage. Pada 22 September 2023, kami berjumpa kembali untuk finalisasi drafnya. Btw, namanya "Discover The Charm Of Gunuang Padang Another Way to Enjoy Kota Tua Padang". Penyusunannya berdasarkan pendekatan historiografi dan storynomic tourism yang disusun merujuk penilaian untuk pengembangan desa wisata. Harus komperehenship juga dunk hehehe

Discover The Charm of Gunuang Padang
Discover The Charm of Gunuang Padang

Selain itu untuk updating data, kami pun melakukan identifikasi ulang dan pendokumentasian peninggalan bersejarah di Gunuang Padang pada 24 September 2023. Terus bergerak dan berkomunikasi itu langkah selanjutnya. Ada hal yang menariknya sempat ada pula drama-drama jelang peluncuran tourism guidebook tapi itu semua bisa dilalui. Bhilu ini sosok yang hebat dan kuat. 

Kami bertemu lagi untuk koordinasi pada 30 September 2023 di Fore. Tempat ini sepertinya menjadi saksi sejarah kami. Setidaknya menjadi momen untuk terus berkarya, semangat membangun nagari. Kolabor-aksi kuncinya begitu kiranya. Bagaimana pun cara berjumpanya ini berbeda-beda tapi masih dalam satu frekuensi yang sama.

Emang Penting Tourism Guidebook?

Discover The Charm of Gunuang Padang

Selama proses penyusunan tourism guidebook ini memang ada cibiran yang terdengar. But, itu bukan menjadi masalah. Emang penting ya tourism guidebook itu? Penting banget itu jawaban dari aku. Seyogyanya tiap pengelola kepariwisataan harus mempunyai tourism guidebook itu atau bahasa sederhannya buku profil yang bisa jadi acuan bagi semua kalangan. Seperti profil nagari, jadi inget waktu KKN dulu, ada program pembuatan buku profil nagari hihihihi

Tourism guidebook memiliki dua fungsi utama, pertama untuk dokumentasi bagi pengelola dan kedua untuk sarana pemasaran. Isiannya setidaknya menampilkan informasi terkait dengan empat elemen utama pariwisata yaitu attractions, accessibility, amenity dan ancillary termasuk data kelembangaan pengelola pariwisatanya. 

Discover The Charm of Gunuang Padang
Discover The Charm of Gunuang Padang

Hal ini pun diperkuat dengan serangkaain penelitan yang menyebutkan jika  penggunaan buku panduan wisata menghasilkan tingkat self-direction dalam perjalanan dan memungkinkan untuk merencanakan sendiri perjalanannya. Kesimpulannya tourism guidebook penting bagi wisatawan karena untuk mendapatkan informasi yang lengkap terkait destinasi yang akan dikunjungi.

Meskipun tourism guidebook menjadi salah satu media promosi yang konfensional. Namun, ini basic yang harus dimiliki dan masih related dengan kondisi sekarang. Melalui sentuhan teknologi dan tampilan digital bmenjadi kuncinya. Nantinya turunan dari tourism guidebook ini bisa menjadi referensi untuk media pemasaran lainnya melalui leaflet atau brosur hingga konten digital di platform media sosial. Isinya juga pun bisa menjadi bahan materi untuk pramuwisata dan dunia pendidikan.

Ada yang tertarik untuk membuatnya juga? Boleh nih kita berkolaborasi.

Akhirnya, Selesai juga Tourism Guidebook

Discover The Charm of Gunuang Padang

Alhamdulillah setelah berdiskusi panjang. Dalam kurun waktu yang tak lama akhirnya selesai juga. Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami dengan hadirnya tourism buidebook ini. Wujud keseriusan dalam pengelolaan pariwisata. Biar tidak kaleng-kaleng harus dicicil satu-satu. Cover tourism guidebook ini karya Rizki Amauli dan dokumentasi gambar hasil jepretan M. Al Adiyat, Pokdarwis Gunuang Padang dan Padang Heritage.

Untuk memeriahkan kebahagiaan ini, maka kami memutuskan untuk membuat kegiatan lauching-nya pada 1 Oktober 2023 tepat hari jadi provinsi Sumatera Barat dan hari kesaktian Pancasila. Pokoknya terima kasih untuk semua pihak yang membantu dan mendukung hadirnya tourism guidebook ini.

Discover The Charm of Gunuang Padang
Discover The Charm of Gunuang Padang

Peluncuran tourism guidebook ini juga bersamaan dengan kegiatan Padang Heritage Walk yang mengajak siapa saja untuk berkeliling melihat lebih dekat warisan budaya di Gunuang Padang.  Senengnya lagi ketika peluncuran dihadiri juga oleh pembina Pokdarwis Gunuang Padang, Kabid Dinas Pariwisata Kota Padang dan pegiat pariwisata Bundo Wati.

Padang Heritage Walk sendiri merupakan program wajib yang rutin diadakan oleh Komunitas Padang Heritage sejak 2017. Salah satu rute Padang Heritage Walk adalah Gunuang Padang ini. Untuk edisi spesial Gunuang Padang ini adalah edisi ke-20. 

Explore Gunuang Padang

Discover The Charm of Gunuang Padang

Gunuang Padang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kota Padang yang masuk Kawasan Wisata Terpadu (KWT). Gunuang Padang merupakan rangkaian perbukitan dengan ketinggian puncak ± 400 mdpl,  membentang ke arah barat di Kota Padang berada di muara sungai Batang Arau yang dikelilingi oleh lautan di Samudera Hindia. 

Gunung Padang memiliki banyak cerita dan daya tarik wisata yang patut dijelajahi, mulai dari keindahan alam, panorama perkotaan, keberagaman flora dan fauna, peninggalan sejarah zaman kolonial dan Jepang, kisah Siti Nurbaya, hingga landmark ikon Kota Padang. Gunuang Padang yang dapat dinikmati dalam satu kawasan dengan segudang paket wisata yang lengkap.

Ingin menikmati Gunuang Padang dengan cara yang berbeda yuk ikuti Padang Heritage Walk kolaborasi bersama Pokdarwis Gunuang Padang.
 
Lets Explore! Discover The Charm of Gunuang Padang
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

1 comment:

  1. Bay, bukunya tersedia dalam file pdf gak?

    djangki | Avant Garde

    ReplyDelete