Friday, December 8, 2023

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Rumah Kelahiran Buya Hamka

Ke Maninjau? Yuk Berkunjung Sejenak ke Museum Kelahiran Buya Hamka

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Jejak Ulama Termasyur asal Ranah Minang

Buya Hamka merupakan sosok yang tak asing bagi masyarkat Indonesia dan Malaysia. Terlebih ketika film biografinya diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Nuansa Ranah Minang cukup banyak dicerikan, terutama di tanah kelahirannya di Nagari Sungai Batang, Kabupaten Agam Sumatra Barat.

Buya Hamka adalah pahlawan nasional yang dikenal sebagai ulama, sastrawan, politisi hingga jurnalis. Jejak Buya Hamka akan mudah terlihat jika mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Ada berbagai koleksi penginggalan Buya Hamka yang dapat dilihat seperti buku, majalah, arsip-arsip, tongkat, foto, pakaian hingga ruangan yang menjadi tempat lahirnya Buya Hamka.

Museum ini mulai dibangun pada Desember 2000 dan diresmikan pada November 2001. Sebelumnya museum ini merupakan belas rumah nenek Buya Hamka yang hampir hancur ketika masa pendudukan Jepang. Desain bangunannya bergaya rumah gadang Museum ini memiliki bentuk arsitektur Rumah Gadang dengan atap bergonjong dan hiasan ukiran Minang.

Museum yang tidak ada tiket masuknya ini memiliki pemandangan yang menawang dengan view langsung danau Maninjau.

Berikut ini foto story ketika mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka:

Rumah Kelahiran Buya Hamka
Rumah Kelahiran Buya HamkaRumah Kelahiran Buya HamkaRumah Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya HamkaMuseum Kelahiran Buya Hamka

————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

8 comments:

  1. Keren banget ini, bang.
    Terlebih di sana ada beberapa koleksi beliau. Sepertinya menarik untuk diasmbangi

    ReplyDelete
  2. Bagus banget view nya bang. Gak bayar pula masuknya.
    Bang, di sekitar museum ada penginapan kah?
    View danau maninjau bikin betah banget berlama-lama di situ..

    ReplyDelete
  3. Nyaman dan asri sekali ini rumah kelahiran Buya Hamka. Ketika menyimak betapa besar jasa beliau, baik untuk agama maupun masyarakat, rasanya benar-benar iri, pasti beliau sekarang ada di tempat yang Allah muliakan.

    ReplyDelete
  4. Foto² semuanya keren banget. Buya Hamka seorang tokoh yang saya kagumi. Banyak teladan yang dimilikinya menjadi tuntunan dalam kehidupan saya ini.
    Terimakasih ya Mas Bayu udah berbagi info bagus dan menarik

    ReplyDelete
  5. Ya ampun masih terawat dan rapi banget ya rumah Buya Hamka , apalgi perabotannya khas jaman baheula banget , jadi pengen ikutan berkunjung juga ke sana

    ReplyDelete
  6. Lumayan juga untuk destinasi wisata sejarah ya kak. Rumah Buya Hamka menurut saya cukup rapi dan terawat mengingat ada sejarah di dalamnya

    ReplyDelete
  7. Museumnya terawat banget ya, betah kayaknya kalau saya berkunjung ke sana. Mana viewnya ke pemandangan danau Maninjau lagi, cakep!

    ReplyDelete
  8. Keren abis pemandangan dari rumah beliau. Menyejukkan.
    Langsung ke danau maninjau.
    Mudah-mudahan ada rezeki untuk berkunjung ke sana

    ReplyDelete