Wednesday, July 3, 2024

Perjalanan Menikmati Keindahan Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok memiliki pesona alam yang menakjubkan, ada misteri dan keindahan yang tidak pernah bosan-bosannya untuk dieksplorasi. Menikmati Ngarai Sianok ada beragam tempatnya. Meskipun  objek yang dinikmati itu serupa tapi sensasi tiap tempatnya itu berbeda-beda. 

Bukittinggi adalah kota yang dilewati oleh Ngarai Sianok. Ngarai Sianok terbentuk karena proses alam yang tercipta sejak jutaan tahun. Fyi, kawasan ini pun telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau sejak tahun 2018. Ngarai Sianok menjadi daya tarik utama di Ranah Minang yang sudah populer sejak zaman Hindia Belanda. Banyak foto-foto lama yang mengabadikan suasana Ngarai Sianok.

Sebenarnya ada banyak pertanyaan mengenai Ngarai Sianok ini seperti Apa yang dimaksud dengan Ngarai Sianok? Ngarai Sianok di kota apa? Berapa kedalaman Ngarai Sianok? Kapan terbentuknya Ngarai Sianok? Opss tapi kali ini tidak akan membahas itu hehe

Berikut adalah beberapa spot terbaik untuk menikmati pesona alam Ngarai Sianok dari Kota Bukittinggi:

1. Ngarai Sianok dari Panorama Baru, Spot yang Viral dan Begitu Syahdu

Ngarai Sianok Bukittinggi

Taman Wisata Panorama Baru menyajikan pemandangan Ngarai Sianok dengan nuansa yang berbeda. Keistimewaan tempat ini memiliki area taman yang luas dengan suasana yang sejuk, berlatarkan gunung Marapi dan gunung Singgalang yang indah. Taman Wisata Panorama Baru berlokasi di Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat.

Vibes Taman Wisata Panorama Baru ketika kabut di pagi hari sangat menawan sekali. Ada banyak spot foto yang disediakan seperti rumah pohon, dan menara pandang. Tersedia juga tempat bermain untuk anak-anak. cocok menjadi tempat healing dan piknik dengan pemandangan yang indah. 

Taman Wisata Panorama Baru ini dikelola oleh masyarakat setempat secara swadaya. Memasuki tempat ini dikenakan retribusi masuk Rp. 5.000 tiap pengunggung dengan biaya parkir untuk roda dua Rp. 2.000 dan roda empat Rp. 5.000 per unitnya.


2. Panorama Koto Barangai  Best View Sunset and Sunrise in Bukittinggi

Ngarai Sianok Bukittinggi

Panorama Koto Barangai, namanya tidak begitu tersebut-sebut. Namun, menawarkan pesona Ngarai Sianok sebagai daya tarik utamannya. Di tempat ini dapat menyaksikan moment matahari terbit dan terbenam dengan latar gunung Marapi dan gunung Singgalang plus Tabiang Takurung. 

Panorama Koto Barangai best view for Sunset and Sunrise in Bukittinggi. Panorama Koto Barangai ini berada di Kelurahan Bukit Apik Puhun, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota.

Panorama Koto Barangai ini belum dikelola dengan baik sehingga free tiket masuk. Panorama Koto Barangai  menjadi spot hidden gems di Kota Bukittinggi. Barangkali tempat ini juga menarik untuk lokasi kemah atau sekedar melapas penat yang jauh dari keramaian dan kebisingan kota. 

Sekitar area ini tumbuh subur ilalang yang telah meninggi dan tersedia juga satu gazebo beratap gonjong sebagai spot untuk menikmati pemandangan alam. Cuma harus berhati-hati karena tidak ada pagar pembatas sehingga jika tidak waspada bisa terperosok masuk ke jurang lembah.


3. Janjang Saribu, Menyusuri Puncak Ngarai Sianok hingga Dasar

Ngarai Sianok Bukittinggi

Janjang Saribu menjadi salah satu wisata tracking favorit dengan view Gunung Singgalang dan Gunung Merapi yang menyatu dengan megahnya Ngarai Sianok dari sudut yang berbeda. Janjang Saribu ini masuk wilayah Kelurahan Bukit Apik Puhun, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sesuai namanya, Janjang Saribu ini memiliki banyak anak tangga. Meski jumlahnya tidak sampai seribu, kabarnya lebih dari 400 anak tangga. Pengunjung akan melewati jalur yang berliku-liku, licin, cukup curam dan menyusuri celah-celah tebing.

Dulunya, masyarakat setempat sudah menggunakan Janjang Saribu ini untuk jalur transportasi dan mengambil air ke sungai yang terdapat di dasar ngarai. Sekarang masyarakat sekitar memanfaatkan kawasan ini untuk olahraga jogging sembari tracking. Bahkan menjadi salah satu rute Minang Geopark Run. Sayangnya tempat ini kurang terawat.

Janjang Saribu ini memiliki dua pintu masuk, dapat dimulai dari bawah ngarai atau di atas Bukit Apik. Jalurnya sangat baik, tiap tangganya berlantai batu alam dan dipagar besi. Tidak ada tiket masuk alias gratis.

 Lokasi Google Maps: https://maps.app.goo.gl/RdNPx2dZj4H8ozvs7

4. Taman Ngarai Maaram Bukittinggi, Spot Rekreasi Keluarga

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga di Bukittinggi. Taman Ngarai Maaram berada di Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Taman Ngarai Maaram adalah destinasi seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di Bukittinggi. Terletak dekat dari pusat kota, taman ini menawarkan akses yang mudah bagi para pengunjung. Fasilitasnya cukup lengkap seperti area bermain anak, tempat duduk, jogging track, amphitheater dan kedai makanan. 

Taman Ngarai Maaram ini menjadi tempat yang nyaman untuk rekreasi keluarga. Nikmati kebersamaan dan keindahan alam di Taman Ngarai Maaram, pilihan seru di tengah Kota Bukititnggi. Tidak ada tiket masuk alias gratis tapi parkir kendaraan bayar hehehe


5. Menara Panorama Spot Indah Merekam Ngarai Sianok

Ngarai Sianok Bukittinggi

Menara Pandang Panorama Ngarai Sianok ini sebenernya fasilitas pendukung wisata Taman Panorama dan Lubang Jepang. Istimewanya area ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan yang menggabungkan keindahan alam dan panorama pegunungan yang luar biasa. Lokasinya di jalan Panorama, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Menara ini termasuk spot hidden gem di Bukittinggi karena posisinya agak tersembunyi, berada dekat pemukiman warga dan kuburan, tetapi wajib untuk dikunjungi. Pengunjung menaiki beberapa anak tangga untuk melihat pemandangan indah Gunung Singgalang di kejauhan dengan lembah Ngarai Sianok yang indah dengan area pesawahan dan aliran Sungai Batang Sianok berkelok-kelok dengan tenang.

Sepertinya di lokasi ini menjadi salah satu spot yang banyak diabafikan oleh fotografer Belanda dan menjadi lokasi yang diabadikan dalam cetakan uang kertas. Keindahan Ngaria Sianok pun 3 kali diabadikan pada uang kertas Rp 1.000 cetakan tahun 1980,  uang kertas Rp 2.000 tahun emisi 2016 dan 2022. Ada tiket masuk dan parkir kendaraan bayar.


6. Taman Panorama Ngarai Sianok

Ngarai Sianok Bukittinggi

Taman Panorama Ngarai Sianok menjadi destinasi yang sangat populer di Kota Bukittinggi dan dikelola dengan baik oleh pemerintah. Tempat ini cukup lengkap didalamnya terdapat objek bersejarah Lubang Jepang yang menjadi bukti peninggalan era Perang Dunia II di Minangkabau. Taman ini berlokasi sama dengan Menara Pandang Panorama Ngarai Sianok di jalan Panorama, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Ngarai Sianok, Gunung Singgalang dan Gunung Marapi menjadi pemandangan utama yang menjadi daya tariknya. Kedua gunung ini sering diselimuti kabut tipis, vibes-nya menciptakan suasana yang mendamaikan. Wajar saja ketika zaman kolonial tempat ini menjadi lokasi rekreasi dan pilihan tempat melepas penat para tentara Hindia Belanda. Bahkan ketika zaman kependudukan tentara Jepang menjadi basis pusat pertahanan di Bukittinggi.

Taman Panorama Ngarai Sianok tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi menyimpan cerita sejarang panjang bangsa Indoensia. Terdapat beberapa spot foto, tempat duduk untuk bersantai, serta kios-kios yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Bukittinggi. Dekatnya dengan kuliner legen Pical Sikai dan rujak panorama. Tiket masuknya dewasa Rp. 20.000, anak-anak (3-12 tahun) Rp. 15.000,- dan mancanegara Rp.25.000,- (per Juli 2024).


Sekiranya ini adalah bagian dari rute perjalanan yang dapat ditempuh bagi yang ingin menikati pesona Ngarai Sianok dari berbagai sisi, khusunya jika sedang berada di Kota Bukittinggi. Setiap spot ini menawarkan pengalaman yang berbeda-beda. 

Ngarai Sianok vibesnya akan cantik jika sedang berkabut. Beuhh tidak ada lawan suasananya. Ngarai Sianok menjadi objek yang memang tidak sepenuhnya bisa dijangkau, tapi Ngarai Sianok cukup untuk dipandang dan dirasakan keindahannya. 

Tidak ada salahnya menyusuri keindahan Ngarai Sianok dari tempat-tempat ini. Tentunya dapat menjadikan perjalanan berlibur ke Kota Bukittinggi semakin berkesan dan tak terlupakan. Ada yang pernah mencobanya?
———————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment